ABSTRAK
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN GADING 1 KOTA SURABAYA
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan SDM bagi pembangunan bangsa dan negara. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan kearah yang lebih kompleks. Hal ini menimbulkan masalah-masalah sosial dan tuntutan-tuntutan baru yang tidak dapat diramalkan sebelumnya, sehingga pendidikan selalu menghadapi masalah karena adanya kesenjangan antara yang diharapkan dengan hasil yang dapat dicapai dari proses pendidikan.
Manajemen Berbasis Sekolah sendiri merupakan suatu bentuk otonomi pengelolaan pendidikan kepada satuan pendidikan atau sekolah yang berdasarkan pada prinsip Kemandirian, Keadilan, Keterbukaan, Kemitraan, Partisipatif, Efisiensi, dan Akuntabilitas. Selain itu, dalam mengelola sekolah diperlukan tata kelola dokumen yang tertib dan sistematis serta kepemimpinan yang efektif. Ditinjau dari komponennya, manajemen sekolah meliputi manajemen kurikulum dsan pembelajaran, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, pembiayaan sarana dan prsarana, hubungan sekolah dan masyarakat, serta budaya dan lingkungan sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang penerapan MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Di SDN Gading 1 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dari kriteria komunikasi, Pemkot Surabaya melakukan sosialisasi kepada sekolah berupa himbauan dan pelatihan kepada sekolah. Pada kriteria Sumber Daya, masih terdapat kekurangan dalam fasilitas sekolah. Untuk kriteria disposisi sekolah telah melakukan pelayanan cukup baik dalam melayani masyrakat. Untuk kriteria Struktur Birokrasi, sekolah membuat 5 koordinator bidang agar lebih efisien dalam implementasi manajemen berbasis sekolah.
Pada pelaksanaan implementasi manajemen berbasis sekolah di SDN gading 1 Surabaya saran yang diberikan yaitu sebaiknya Pemkot Surabaya segera menerbitkan Peraturan Daerah atau Peraturan Walikota yang mengatur tentang manajemen berbasis sekolah di Surabaya agar kebijakan tersebut dapat sesuai dengan kondisi di Kota Surabaya.
Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Manajemen Berbasis Sekolah
ABSTRACT
SCHOOL BASED MANAGEMENT IMPLEMENTATION IN GADING 1 SDN SURABAYA CITY
Education is a very important human need because education has the duty to prepare human resources for the development of the nation and state. The progress of science and technology (science and technology) resulted in changes and growth towards a more complex. This raises social problems and new demands that cannot be predicted beforehand, so education always faces problems because of the gap between the expected and the results that can be achieved from the education process.
School-based management itself is a form of autonomy in the management of education to educational units or schools based on the principles of independence, justice, openness, partnership, participation, efficiency, and accountability. In addition, managing the school requires an orderly and systematic document management and effective leadership. In terms of its components, school management includes curriculum management and learning, students, educators and education staff, financing facilities and infrastructure, school and community relations, and the culture and environment of the school
The purpose of this study was to obtain this study aimed at describing the application of SCHOOL BASED MANAGEMENT at SDN Gading 1 Kota Surabaya. The research method used is descriptive qualitative. Data is collected using observation and interview techniques. The results of the study showed that the implementation of school-based management of communication criteria, the Surabaya City Government conducted socialization to schools in the form of appeals and training to schools. In the Resource criteria, there are still shortcomings in school facilities. For school disposition criteria, the service has done quite well in serving the community. For the criteria for the Bureaucratic Structure, schools make 5 field coordinators to be more efficient in implementing school-based management.
In implementing the implementation of school-based management in Ivory 1 Surabaya SDN, the advice given is that the Surabaya City Government should immediately issue a Regional Regulation or Mayor Regulation that regulates school-based management in Surabaya so that the policy can be in accordance with the conditions in Surabaya City.
Keywords: Policy Implementation, School Based Management