ABSTRAK
Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Team Quiz Terhadap Kemampuan Menulis Pola Kalimat Bahasa Jepang Kelas XI SMAN 2 Sidoarjo Tahun Ajaran 2017/2018
Nama : Stevia Pramita Mediana
NIM : 14020104056
Jurusan/Prodi : Bahasa dan Sastra Jepang/Pendidikan Bahasa Jepang
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci : strategi pembelajaran aktif, team quiz, kemampuan menulis, pola kalimat, bahasa jepang
Pada pembelajaran bahasa Jepang, kemampuan menulis pola kalimat sangat diperlukan. Strategi pembelajaran aktif team quiz digunakan dalam pembelajaran menulis pola kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif team quiz terhadap kemampuan menulis pola kalimat bahasa Jepang dan respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif team quiz. Sedangkan hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif team quiz terhadap kemampuan menulis pola kalimat bahasa Jepang.
Pengambilan data dilakukan selama dua kali pertemuan di SMAN 2 Sidoarjo. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPS 2 dan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 4. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan true experiment design karena menggunakan kelas kontrol sebagai pembanding.
Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, jawaban dari rumusan masalah pertama dilihat dari perhitungan uji-t menggunakan rumus independent sample t-test dengan hasil nilai df sebesar 70 dan nilai thitung = 1,753 dan ttabel = 1,667, sehingga thitung = 1,753 > ttabel = 1,667. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adanya perbedaan dapat dilihat dari mean post test kelas kontrol sebesar 81,33 dan mean kelas eksperimen sebesar 84,78. Sehingga dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran aktif team quiz berpengaruh terhadap kemampuan menulis pola kalimat bahasa Jepang siswa. Angket respon siswa diberikan pada siswa kelas eksperimen untuk mengetahui respon siswa tentang penggunaan strategi pembelajaran aktif team quiz terhadap kemampuan menulis pola kalimat bahasa Jepang. Jawaban dari rumusan masalah yang kedua berdasarkan hasil analisis angket respon siswa yang menunjukkan respon positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata angket respon siswa pada aspek motivasi belajar sebesar 79,16% dengan kriteria kuat, pada aspek proses pembelajaran sebesar 82,29% dengan kriteria sangat kuat, dan pada aspek efektifitas pembelajaran sebesar 80,55% dengan kriteria sangat kuat. Hasil angket respon siswa selaras dengan hasil wawancara yang telah dilakukan. Dengan demikian, hipotesis awal penelitian diterima.
ABSTRACT
The Effect of Team Quiz Active Learning Strategy on the Ability to Write Japanese Sentence Patterns in Class XI SMAN 2 Sidoarjo
Academic Year 2017/2018
Name : Stevia Pramita Mediana
Student Number : 14020104056
Department / Study Program : Japanese Language and Literature / Japanese Language Education
Faculty : Faculty of Language and Art
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd.
Year : 2019
Keywords: active learning strategy, team quiz, writing ability, sentence patterns, Japanese
In Japanese learning, the ability to write sentence patterns is very necessary. Team quiz active learning strategy are used in learning to write Japanese sentence patterns. This study aims to determine the effect of team quiz active learning strategy on the ability to write Japanese sentence patterns and student responses to the use of team quiz active learning strategy. While the hypothesis of this study is that there is an effect of the team quiz active learning strategy on the ability to write Japanese sentence patterns.
Data was collected during two meetings at SMAN 2 Sidoarjo. Sample selection using simple random sampling technique. The sample used as a control class is class XI IPS 2 and as an experimental class is class XI IPS 4. This study is a quantitative study using true experiment design because it uses a control class as a comparison.
Analysis of research data was carried out using software SPSS 17 for Windows. Based on the results of the study, the answer for the first problem formulation was seen from t-test calculation using formula of independent sample t-test with the results of df value of 70 and value of tcount = 1,753 and ttable = 1,667, so tcount = 1,753 > ttable = 1,667. From the results of these calculations it can be seen that there is a significant difference between post test scores of the control class and the experimental class. The difference can be seen from mean post test of the control class by 81.33 and the experimental class mean by 84.78. So it can be seen that the active learning strategy of the team quiz influences the students' ability to write Japanese sentence patterns. Student response questionnaire was given to students in the experimental class to find out students' responses about the use of team quiz active learning strategy on the ability to write Japanese sentence patterns. The answer to the second problem formulation is based on the results of the analysis of student questionnaire responses that show positive responses. This can be seen from the results of the average student response questionnaire on aspects of learning motivation of 79.16% with strong criteria, on the learning process aspect of 82.29% with very strong criteria, and on the aspect of learning effectiveness of 80.55% with very strong criteria. The results of the questionnaire responses of students aligned with the results of interviews that have been conducted. Thus, the initial hypothesis of the study was accepted.