KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DESA POHWATES KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO
The Quality of Administrative Services in Pohwates Village, Kepohbaru Subdistrict, Bojonegoro Regency
Pemerintahan desa diakui sebagai bagian dari penyelenggaran pemerintah daerah Indonesia yang mempunyai status dan kedudukan yang kuat di mata hukum. Seiring perkembangan masyarakat desa, kebutuhan pelayanan administrasi menjadi salah satu isu penting dalam pemerintahan desa.
Pemberian pelayanan umum kepada masyarakat merupakan perwujudan kewajiban perangkat pemerintah sebagai abdi masyarakat, dalam penyelengaraan pelayanan harus mengandung unsur transparasi yang bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses semua pihak yang membutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti.
Tujuan penulisan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Pohwates Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro pada Tahun 2023”
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu prosedur penelitian yang memperoleh data yang bersifat deskriptif berupa kata-kata, tulisan, dari orang-orang yang telah diamati. Dalam pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Didalam melakukan analisis data peneliti mengacu kepada beberapa tahapan yang dijelaskan Miles dan Huberman yang dikutip oleh Lexi J. Moleong.
Dari lima dimensi kualitas pelayanan yang digunakan untuk melihat dan mengukur kualitas pelayanan pada Kantor Desa Pohwates yaitu Tangibel (Berwujud), Reability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati) dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik yang ada di Kantor Desa Pohwates baik. Meskipun demikian masih ada beberapa indikator dari dimensi-dimensi pelayanan yang mendapat hasil kurang baik, seperti kenyamanan ruang tunggu pelayanan, dan pemberian pelayanan yang mendahulukan sifat kekeluargaan pada warga masyarakat.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan. Administrasi.
The village government is recognized as a part of the local government administration in Indonesia with a strong legal status and position. With the development of rural communities, the need for administrative services has become a crucial issue in village governance. Providing public services to the community is a manifestation of the government officials' duty as public servants. In the provision of services, transparency, openness, accessibility, adequacy, and ease of understanding are essential elements.
The purpose of this research is "To assess the quality of population administration services in Pohwates Village, Kepohbaru Subdistrict, Bojonegoro Regency in the year 2023."
This research adopts a qualitative approach, which is a research procedure that collects descriptive data in the form of words, writings, from individuals who have been observed. In the sample selection for this research, purposive sampling technique was employed. Data collection methods include interviews, observations, and documentation. In analyzing the data, the researcher follows several stages as explained by Miles and Huberman, cited by Lexi J. Moleong.
From the five dimensions of service quality used to assess the quality of services at the Pohwates Village Office, namely Tangibility (Tangible), Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy, it can be concluded that public services at the Pohwates Village Office are generally good. However, there are still some indicators within these dimensions that receive less favorable results, such as the comfort of the waiting area and the prioritization of familial relationships in service provision to the community.
Keywords: Service Quality, Administration.