ABSTRAK
DAMPAK POSITIF TOILET TRAINING PADA NILAI AGAMA ISLAM DAN MORAL DI KELOMPOK A TK ISLAM TERPADU AL IBRAH GRESIK
Nama : Elisa MeiSanti
NIM : 15010684062
Jurusan : S-1 PG PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Nurul Khotimah, S.Pd.,M.Pd
Permasalahan yang sering terjadi pada anak usia dini yaitu mengalami kesusahan dalam mengontrol toilet training, sehingga hal ini berakibat anak masih mengompol sampai usia dini, sehingga perlu adanya pelaksanaan toilet training pada anak. Jika pelaksanaan toilet training diberikan secara benar dan optimal akan memberikan dampak positif pada pelaksanaan toilet training, khususnya dampak positif pelasanaan toilet training pada nilai agama Islam dan moral pada anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai dampak positif pelaksanaan toilet training pada nilai agama Islam dan moral kelompok A di TKIT AL Ibrah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan metode kualtitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak dari kelompok A di TKIT AL Ibrah.
Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan pelaksanaan program toilet training di kelompok A yaitu toilet training berdampak positif pada nilai agama Islam dan moral di kelompok A yaitu tujuan dari toilet training tercapai, dapat tercapai dan menuntaskan aspek perkembangan seperti perkembangan nilai agama Islam dan moral, anak dapat melakukan toilet training sesuai adab ajaran agama Islam dan mandiri, anak dapat membedakan bagian najis dan suci, anak mengetahui batasan aurat, anak dapat mengontrol kebutuhan dalam buang air, anak dapat membiasakan berprilaku yang baik, serta anak dapat menjaga kebersihan dirinya dan lingkungan. Adapun rekomendasi dalam penelitian ini yaitu ustadzah/guru dan orang tua diharapkan dapat lebih lagi meningkatkan perannya dalam pelaksanaan toilet training, karena ustadzah/guru dan orang tua mempunyai peranan yang sangat besar dalam mendukung aspek perkembangan anak.
Kata Kunci : Toilet training, nilai agama Islam, moral anak.
ABSTRACT
POSITIVE IMPACT OF TOILET TRAINING ON ISLAMIC RELIGIUS VALUES AND CHILDREN’S MORAL IN GROUP A OF AL IBRAH ISLAMIC INTEGRATED KINDERGARTEN GRESIK
Name : Elisa Mei Santi
Student Number : 15010684062
Major : S-1 Early Childhood Education
Faculty : Faculty of Education
Institution Name : State University of Surabaya
Supervisor : Nurul Khotimah, S.Pd.,M.Pd
Problems that often occur in early childhood are experiencing difficulties in controlling toilet training, so that this results that in children still wet their bed until early age. Therefore it is necessary to implement toilet training in children. If the implementation of toilet training is given correctly and optimally it will have a positive impact on its implementation. Based on the problems above, this study aims to describe the positive impact of toilet training on Islamic religious and moral values of group A at AL Ibrah Islamic Integrated Kindergarten (Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu / TKIT Al Ibrah).
In this study the qualitative research methods with descriptive research types was used. Data collection techniques in this study using observation, interviews and documentation. Analysis of the data used is the Miles and Huberman models. The subjects in this study were two children from group A at TKIT AL Ibrah.
The results of this study indicate that the implementation of toilet training programs in group A namely toilet training has a positive impact on Islamic religious values and children’s morals in group A which means that the goal of toilet training is achieved. It can complete development aspects such as the development of Islamic religious values and morals. Besides, children can do toilet training in accordance with the teachings of the Islamic religion and by themselves, children can distinguish unclean and sacred parts, children know the limits of genitals, children can control the needs in defecation, children can get used to behave well, and children can maintain cleanliness of themselves and the environment. The recommendations in this study are ustadzah / teacher and parents are expected to further enhance their role in the implementation of toilet training, since ustadzah / teacher and parents have a very important role in supporting aspects of child development.
Keywords: Toilet training, Islamic religious values, children's morale