Strategi Komunikasi Pemberdayaan Desa Wisata Kemiren Dalam Upaya Mendukung Sustainable Development Goals
Kemiren Tourism Village Empowerment Communication Strategy To Support Sustainable Development Goals
Pariwisata dapat menjadi alat dalam pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pokdarwis dan pemangku kepentingan lain dalam pengembangan pariwisata lokal di Desa Wisata Kemiren (studi kasus Desa Wisata Kemiren, Kabupaten Banyuwangi). Penelitian ini juga membahas mengenai peran desa wisata sebagai salah satu tools untuk mendukung pencapaian SDGs yang terdiri dari 17 tujuan dan dibagi dalam empat pilar yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan, dan pilar pembangunan hukum dan tata kelola. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dalam pemenuhan sumber data didapatkan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan dan media sosial serta berita-berita yang membahas mengenai Desa Wisata Kemiren. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemberdayaan yang dilakukan di Desa Kemiren berhasil secara efektif menciptakan perubahan sosial di masyarakat melalui program pengembangan desa wisata dengan berinovasi memaksimalkan kekayaan adat dan budaya yang dimiliki dengan menciptakan festival sehingga aktivitas pariwisata di Desa Kemiren dapat mendukung pencapaian target SDGs.
Tourism can be development tool that aims to prosper the community. The research purpose to describe the community empowerment communication strategy carried out by Pokdarwis and other stakeholders in tourism development in Kemiren Tourism Village (case study of Kemiren Tourism Village, Banyuwangi Regency). This study also discusses the role of tourist villages as one of the tools that support the SDGs achievement which consists of 17 goals that divided into four pillars, specifically the pillars of social development, pillars of economic development, pillars of environmental development, and pillars of legal development and governance. The research was conducted using the descriptive qualitative method, and the data were obtained by in-depth interviews, field observations and social media studies that discusses Kemiren Tourism Villages. The results indicate that the effective empowerment communication strategy carried out in Kemiren Village has succeeded in effectively creating social change in the community through a tourism village development program by innovating to maximize traditional wealth and culture that is owned by creating a festival, so that tourism activities in Kemiren Village can support the SDGs achievement.