ABSTRAK
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS
ACHIEVEMENT
DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN
MEDIA FOCUSKY PADA MATA PELAJARAN
KONSTRUKSI
BANGUNAN GEDUNG
DI SMK NEGERI 5
SURABAYA
Nama : Kanty Utomo Putri
NIM : 14050534026
Program Studi :
S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan : Teknik Sipil
Fakultas
: Teknik
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Dra. Indiah Kustini, M.T
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
(1) peningkatan pelaksanaan kegiatan mengajar guru; (2) peningkatan kegiatan
belajar siswa; dan (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya
model pembelajaran Student Teams
Achievement Division (STAD) menggunakan media Focusky pada mata pelajaran konstruksi bangunan gedung kelas XI di
SMK Negeri 5 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang berhenti pada siklus ke 2, karena target peningkatan hasil belajar
sebanyak 75% siswa memperoleh nilai lebih dari standar KKM sekolah,yakni ≥ 75
telah tercapai. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI KGSP-2 SMK
Negeri 5 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Instrumen pengambilan data yang
digunakan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes hasil belajar siswa. Teknik
analisa data yang dilakukan meliputi: (1) analisa pengamatan pelaksanaan
kegiatan mengajar guru; (2) analisa pengamatan kegiatan belajar siswa; dan (3)
analisa hasil belajar siswa.
Hasil analisa data yang dilakukan,
menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan kegiatan mengajar guru pada siklus 1
memperoleh skor rata-rata 3,45 dengan kategori cukup baik, setelah dilakukan
refleksi dapat meningkat pada siklus 2 sehingga memperoleh skor rata-rata 4,11
dengan kategori baik; (2) kegiatan belajar siswa pada siklus 1 memperoleh skor
rata-rata 3,46 dengan kategori cukup aktif, setelah dilakukan refleksi dapat
meningkat pada siklus 2 sehingga memperoleh skor rata-rata 3,93 dengan kategori
aktif; serta (3) hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus 1 memperoleh skor
rata-rata 81,00 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (55,56%)
dengan kategori sedang, kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan sehingga
memperoleh skor rata-rata 81,16 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31
siswa (86,11%) dengan kategori sangat tinggi.
Kata
Kunci: STAD, focusky, dan hasil belajar siswa