Sebuah model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran. Seorang pengajar harus memiliki metode yang tepat untuk disampaiakan kepada siswanya agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMKN 3 Jombang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Eksperimental. Adapun jenis desain dalam penelitian ini berbentuk Non-Equivalent Control Group Desain. Prosedur penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisa data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 3 sebagai kelas eksprimen dan siswa kelas XI TITL 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan uji-t.
Hasil belajar menunjukkan kelas eksperimen dengan perlakuan Project-Based Learning (PjBL) memperoleh nilai rata-rata awal 51,52 dan 85,64 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata awal 56,90 dan 79,09. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan harga thitung sebesar 4,145 sedangkan ttabel sebesar 1,998 karena thitung > ttabel. Sehingga dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMKN 3 Jombang.
A learning model is one of the factors that can determine the success or failure of learning. A teacher should have the right methods to convey to his students so that the learning activities are in accordance with the desired goals. This study aims to determine the effect of Project-Based Learning model on student learning outcomes in the subject of electric lighting installation in SMKN 3 Jombang.
The method used in this research is Quasi-Eksperimental method. The type of design in this study in the form of Non-Equivalent Control Group Design. The procedure of this research is the planning, preparation, and execution phases of data analysis stage. The subjects of this study were students of class XI TITL 3 as an experimental class and class XI TITL 1 as a control class. Data analysis technique used to determine difference in learning outcomes is by using t-test.
The learning results showed that the experimental class with the Project-Based Learning (PjBL) treatment obtained an initial mean value of 51,52 and 85,64 while in the control class the initial average values were 56,90 and 79,09. The average experimental class learning outcomes are higher than the control class learning. Based on the t-test analysis shows an increase in learning outcomes with th of 4,145 while the ttable is 1,988 because th > ttable. So that H0 is rejected and H1 is accepted. Then it can be concluded that there is the effect of Project-Based Learning (PjBL) model on student learning outcomes in the subject of electric lighting installation in SMKN 3 Jombang.
Keywords: Project-Based Learning (PjBL), Learning Outomes, Electric Lighting Installation.