Penerapan Metode Fuzzy EDAS dalam Pemilihan Objek Wisata Terfavorit di Kota Batu
APPLICATION OF FUZZY EDAS METHOD IN THE SELECTION OF FAVORITE TOURIST ATTRACTIONS IN THE CITY OF BATU
Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu dalam jangka waktu sementara. Salah satu kota di Indonesia, khususnya Jawa Timur yang dikenal sebagai kota wisata adalah Kota Batu. Pembangunan beberapa tempat wisata buatan yang dimulai tahun 2001 membuat Kota Batu semakin dikenal sebagai kota wisata berbasis wisata buatan. Banyaknya ketersediaan pilihan objek wisata buatan di Kota Batu membuat pengunjung kebingungan untuk menentukan objek wisata yang akan dipilih. Dalam penelitian ini, lima objek wisata buatan yang dipilih yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), dan Selecta. Pemilihan objek wisata tersebut berdasarkan popularitas dengan sumber google destinations dan situs pembelian tiket wisata online seperti Tiket.com dan Traveloka. Penelitian ini menggunakan data primer dari penyebaran kuisioner secara online dengan 50 orang responden yang berusia 15-50 tahun dan pernah mengunjungi kelima objek wisata tersebut. Penilaian objek wisata didasarkan pada enam kriteria, yaitu harga tiket masuk wisata, pelayanan dari pihak objek wisata, kemudahan akses jalan menuju lokasi wisata, kelengkapan fasilitas umum, keamanan wisata atau wahana, dan kebersihan objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode fuzzy EDAS dalam pemilihan objek wisata terfavorit di Kota Batu. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode fuzzy EDAS, objek wisata Jatim Park 1 menjadi objek wisata terfavorit dengan skor penilaian sebesar 0.88945, diikuti oleh Jatim Park 2 sebagai peringkat kedua dengan skor penilaian sebesar 0.6466, Museum Angkut sebagai peringkat ketiga memiliki skor penilaian 0.52122, BNS sebagai peringkat keempat dengan skor penilaian sebesar 0.33531, dan Selecta sebagai peringkat terakhir memiliki skor penilaian sebesar 0.00094.
Kata kunci: Pemilihan objek wisata, Kota Batu, Fuzzy EDAS
Tourism is a travel activity carried out by a person or group of people by visiting a certain place in a temporary period of time. One of the cities in Indonesia, especially East Java, which is known as a tourist city is Batu City. The development of several artificial tourist attractions that began in 2001 made Batu City increasingly recognized as a tourist city based on artificial tourism. The large availability of artificial tourist attraction choices in Batu City makes visitors confused to determine which tourist attraction to choose. In this study, five artificial attractions were selected, namely Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), and Selecta. The selection of these attractions is based on popularity with the source of google destinations and online tourist ticket purchase sites such as Tiket.com and Traveloka. This study uses primary data from distributing online questionnaires with 50 respondents aged 15-50 years and have visited the five attractions. The assessment of tourist attractions is based on six criteria, namely the price of tourist entrance tickets, service from the tourist attraction, ease of road access to tourist sites, completeness of public facilities, safety of tours or rides, and cleanliness of tourist attractions. This research aims to apply the fuzzy EDAS method in selecting the most favorite tourist attraction in Batu City. Based on the results of calculations using the fuzzy EDAS method, the Jatim Park 1 tourist attraction is the most favorite tourist attraction with an assessment score of 0.88945, followed by Jatim Park 2 as the second rank with an assessment score of 0.6466, Museum Angkut as the third rank has an assessment score of 0.52122, BNS as the fourth rank with an assessment score of 0.33531, and Selecta as the last rank has an assessment score 0.00094.
Keywords: Selection of tourist attractions, city of Batu, Fuzzy EDAS method