Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan game stocklab terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi pasar modal di kelas X IPS MAN Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design, serta menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 107 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik nonprobability Sampling yaitu jenis purposive sampel. Sampel penelitian yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut di beri perlakuan yang sama menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan numbered head together, namun pada kelas eksperimen diberikan game berupa game stocklab sebagai suplemen pembelajaran. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang dilakukan pada nilai pre-test dan post-test menggunakan analisis one way anova.
Berdasarkan hasil analisis uji one way anova pada taraf sig<0,05 diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam peningkatan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberikan suplemen pembelajaran peningkatan pemahamannya lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Kata Kunci : pemahaman, game stocklab
This study aims to analyze the effect of stocklab game toward students' understanding of capital markets in tenth grade of social class of MAN Surabaya. This research is an experimental study with a type of quasi-experimental design with nonequivalent control group design research design and uses quantitative research methods. The population in this study were students of tenth grade of social class totaling 107 students. The sample selection uses a nonprobability sampling technique that is the type of purposive sample. The research sample was tenth grade of social class 2 as the experimental class, and class tenth grade of social class 3 as the control class. The two classes were given the same treatment using the cooperative learning method make a match and numbered head together but in the experimental class, games were given in the form of stocklab games as learning supplements. The analysis technique carried out in this study uses hypothesis testing performed on the value of the pre-test and post-test using one way anova analysis.
Based on the results of one way anova test analysis at the level of sig <0.05, the results showed that there were significant differences between the control class and the experimental class in increasing understanding. The results showed that the experimental class given learning supplements increased their understanding higher than the control class.
Keywords: understanding, stocklab game