Matematika merupakan ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan lainnya, dan matematika tidak mudah untuk dipahami oleh anak usia sekolah dasar, karena matematika bersifat abstrak membuat. siswa kurang memahami matematika termasuk materi pembulatan dan penaksiran. Media kantong bilangan merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengkonkritkan matematika dan media ini belum diterapkan disekolah SDN Kedurus I Surabaya sehingga menjadi latar belakang penelitian ini untuk dilakukan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi pembulatan dan penaksiran pada siswa kelas IV SDN Kedurus I Surabaya.
Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kantong bilangan mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi pembulatan dan penaksiran, ini ditunjukkan dengan perhitungan T-Test yang menunjukkan signifikan (2-tailed) kurang dari 0,05. Hasil perhitungan yang didapatkan pada signifikan (2-tailed) yaitu 0,022, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian perlakuan berupa penggunaan media kantong bilangan terhadfap hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa dengan dengan menggunakan media kantong bilangan pada materi pembulatan dan penaksiran berpengaruh terhadao hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kedurus I Surabaya.
Kata Kunci: Kantong Bilangan, Hasil Belajar, Pembulatan dan Penaksiran.
Mathematics is a basic science that has an important role in the development of other sciences, and mathematics is not easy to be understood by elementary school-age children, because mathematics is abstract making. students do not understand mathematics including rounding and assessment material. The number bag media is a tool that can be used to concretize mathematics and this media has not been applied in the school of Kedurus I Surabaya Elementary School so that it becomes the background of this research to be conducted at the school. This study aims to describe the effect of using numbered media on the learning outcomes of mathematics in rounding and estimating material for fourth grade students at SDN Kedurus I Surabaya.
The type of experiment used in this study is Quasi Experimental Design using Nonequivalent Control Group Design. The research instrument used was a test. The results showed that bag number media influenced student learning outcomes in rounding and estimating material, this was indicated by the calculation of T-Test which showed significant (2-tailed) less than 0.05. The calculation results obtained at significant (2-tailed) is 0.022, meaning that there is a significant effect of the treatment in the form of the use of pocket media numbers on student learning outcomes in the experimental class. It can be concluded that by using number bag media on rounding and estimation material, it affects the learning outcomes of students in grade IV of Kedurus I Surabaya Elementary School.
Keywords: Bag Numbers, Result Learning, Rounding and Estimation.