Ilmu fisika merupakan salah satu ilmu yang biasanya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam pemaparan pembelajaran fisika akan lebih mudah jika dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari. Pengaitan pebelajaran dengan kehidupan sehari-hari disebut dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran fisika dengan pendekatan berbasis kontekstual dirasa paling sesuai untuk digunakan. Telah banyak penelitian mengenai pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi elastisitas bahan ini. Namun, hingga saat ini belum ditemui LKPD untuk materi elastisitas bahan dengan pendekatan berbasis kontekstual yang valid dan praktis unutk digunakan. Penelitian pengembangan LKPD berbasis kontekstual ini merujuk pada model penelitian 4-D (define, design, develop and disseminate) namun tanpa melalui tahapan disseminate atau penyebaran. Validitas LKPD berbasis kontekstual ini diuji oleh dua validator ahli media yang kemudian dilanjutkan dengan uji coba terbuka. Pada uji coba terbuka dilakukan secara online dengan pemberian angket respons kepada peserta didik SMA kelas XI secara acak di kabupaten Gresik. Data dari proses validitas dan uji coba terbuka ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis kontekstual pada materi elastisitas bahan ini mendapatkan hasil validitas tim ahli dengan rata-rata 94% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya pada tahap uji coba terbuka diberikan respons oleh peserta didik dengan mendapatkan skor rata-rata 98% yang tergolong sangat baik dengan arti praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, LKPD berbasis kontektual pada materi elastisitas bahan ini sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam proses belajar mengajar pada kelas XI SMA dengan materi elastisitas bahan.
Kata Kunci : validitas LKPD, kepraktisan LKPD, kontekstual, elastisitas bahan
Physics is a science that is usually found in everyday life. The presentation of learning physics it will be easier if related to daily activities. Linking learning with everyday life is called contextual learning. Learning physics with a contextual-based approach is considered the most suitable to be used. There have been many studies regarding the development of student worksheet on the elasticity of this material. However, until now there has not been found student worksheet for material elasticity of materials with a contextual-based approach that is valid and practical to use. This contextual-based student worksheet development research refers to the 4-D research model (define, design, develop and disseminate) but without going through the dissemination stage. The validity of this contextual-based student worksheet was tested by two media expert validators which were then followed by an open trial. In the open trial, it was carried out online by giving a random response questionnaire to class XI high school students in the Gresik district. Data from the validity process and open testing were analyzed through descriptive quantitative. The results showed that the contextual-based student worksheet on the elasticity of this material obtained the validity results of the expert team with an average of 94% which was included in the very valid category. Furthermore, in the open trial stage, students gave a response by getting an average score of 98% which was classified as very good with practical meaning to use. Therefore, the contextual-based student worksheet on the material elasticity of this material is very feasible and practical to be used in the teaching and learning process in class XI high school with material elasticity material.
Keywords: student worksheet validity, student worksheet practicality, contextual, the elasticity of materials