Pengaruh Pembelajaran Terpadu Webbed Terhadap Motivasi Belajar, Self Regulation Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia Dini
The Effect of Webbed Integrated Instruction on Learning Motivation, Self-Regulation and Problem-Solving skill in Early Childhood
ABSTRAK
Sutik, 2019. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Webbed Terhadap Motivasi Belajar, Self Regulation Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia Dini. Disertasi. Program studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana,Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing, (1) Prof. Dr. Siti Masitoh, M. Pd dan (II) Dr. Andi Mariono, M. Pd .
kata kunci: Pembelajaran terpadu model webbed, motivasi belajar, self regulation,
kemampuan pemecahan masalah.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Terpadu Webbed Terhadap Motivasi Belajar, Self Regulation Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia Dini. Dengan memiliki self regulation tinggi, maka anak akan memiliki motivasi belajar yang baik, anak juga cenderung akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik.
Penelitian ini menggunakan desain experiment dengan melibatkan 67 subjek dari 4 lembaga TK. Keempat subjek tersebut selanjutnya dibuat menjadi dua kelompok, yaitu kelompok experiment dan kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi untuk variabel motivasi belajar dan self regulation, dan tehnik unjuk kerja untuk variabel kemampuan pemecahan masalah. Data penelitian dikumpulkan melalui experiment selama 4 kali pertemuan. Data yang digunakan termasuk data Interval, dan tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) pembelajaran terpadu webbed berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar, 2) pembelajaran terpadu Webbed berpengaruh secara signifikan terhadap self regulation, dan 3) pembelajaran terpadu webbed berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada anak TK kelompok B.
The findings of this study confirm that the Webbed Integrated instruction has a significant effect on motivation learning, self-regulation, and problem-solving abilities in group B kindergarten children who were carried out in the control group and the experimental group through interesting and fun play activities. The research findings showed that: 1) there was a significat effect of webbed integrated instruction on learning motivation, 2) there was a significat effect of webbed integrated instruction on self regulation, and 3) there was a significat effect of webbed integrated instruction on problem solving skill.