DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED ON GUIDED INQUIRY TO TRAIN STUDENTS’ SCIENCE PROCESS SKILLS ON BUFFER SOLUTION MATERIALS
Satu di antara beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan untuk melatih keterampilan proses sains siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian berikut mempunyai tujuan guna menghasilkan LKPD berbentuk elektronik yang layak dengan model pembelajaran inkuiri guna melatih keterampilan proses sains pada peserta didik dalam materi larutan penyangga, ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) dengan 12 siswa kelas XI MIA 4 SMAN 4 Blitar sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya e-LKPD yang dikembangkan dikategorikan valid dan layak digunakan dengan memperoleh modus skor 4 dalam validitas isi serta modus skor 5 dalam validitas konstruk. E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dilakukan pengembangannya dinilai praktis dengan persentase respon positif siswa terhadap e-LKPD sebesar 92% serta persentase aktifitas siswa dalam keterlaksaaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran sebesar 100%. E-LKPD dinyatakan efektif guna melatih keterampilan proses sains dengan perolehan nilai N-Gain sejumlah 0,75. Berdasar dari hasil penelitian bisa diberikan kesimpulan bahwasanya e-LKPD yang dilakukan pengembangannya memiliki kelayakan dipakai guna melatihkan keterampilan proses sains pada siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dapat menjadi alat yang efektif bagi guru untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik untuk membantu memahami materi larutan penyangga.
One of several learning models that can be used to train students' science process skills is the guided inquiry learning model. The following research aims to produce appropriate electronic form worksheets with inquiry learning models to train students' science process skills in buffer solution material, in terms of validity, practicality, and effectiveness. This research is a development research by applying the 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) with 12 students of class XI MIA 4 SMAN 4 Blitar as test subjects. The results of the study show that the developed e-LKPD is categorized as valid and feasible to use by obtaining a mode score of 4 in content validity and a mode score of 5 in construct validity. The guided inquiry-based e-LKPD whose development was carried out was considered practical with the percentage of positive student responses to the e-LKPD of 92% and the percentage of student activity in the implementation of the guided inquiry learning model in learning by 100%. E-LKPD is declared effective for training science process skills with an N-Gain score of 0.75. Based on the results of the research, it can be concluded that the e-LKPD that is being developed has the feasibility of being used to train science process skills in students. The implication of this research is that guided inquiry-based e-LKPD can be an effective tool for teachers to improve students' science process skills to help understand buffer solution material.