ABSTRAK
Ainy Mauliddiyah. 2019. Code-Switching In English Class At Junior High School. Tesis. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembibing: (1)Ahmad Munir, Ph.D, (2) Dr. Ali Mustofa, M. Pd.
Kata Kunci: Pengalihan Kode, Kelas Bahasa Inggris, Ucapan, Kesuksesan
Alih kode tidak hanya ditemukan dalam konteks sosial, tetapi kita juga dapat ditemukan dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengamati alih kode yang terjadi di kelas bahasa Inggris oleh siswa atau guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang memicu terjadinya alih kode di kelas bahasa Inggris, dalam konteks apa alih kode terjadi di kelas bahasa Inggris, dan juga mengetahui bagaimana keberhasilan interaksi di kelas bahasa Inggris ketika alih kode diterapkan.
Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) transkripsi data, (2) klasifikasi data, (3) analisis data untuk penggunaan alih kode yang terjadi di kelas bahasa Inggris dan (4) interpretasi data. Penelitian ini melibatkan siswa dari kelas 7c yang mampu berkomunikasi dan juga guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas ini. Data diambil dari ucapan siswa dan guru dan sumber data diambil dari hasil pengamatan dan juga hasil ucapan siswa dan guru.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mungkin memicu alih kode dalam interaksi kelas bahasa Inggris, yang pertama adalah faktor tidak tahu kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris, faktor kedua adalah untuk menghindari kesalahpahaman, yang ketiga adalah penekanan pada kalimat dengan mengulangi kata-kata, yang keempat adalah faktor pemicu partisipasi orang lain (teman, siswa lain, atau guru). Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa alih kode terjadi dalam beberapa konteks. Paling banyak terjadi ketika memberikan komentar, ketika siswa berkomentar ke guru atau teman-teman mereka. Konteks lain yang sering muncul alih kode dalam interaksi kelas bahasa Inggris oleh siswa atau guru adalah konteks menjawab dan mengajukan pertanyaan. Konteks lain adalah ketika membuka kegiatan diskusi atau melakukan diskusi, dalam konteks ini terkadang kegiatan siswa dan guru juga terjadi alih kode dalam komunikasi.
Kesimpulannya, dari data analisis menunjukkan bahwa penggunaan alih kode di dalam kelas Bahasa Inggris sangat berhasil. Kegiatan interaktif belajar Bahasa Inggris di kelas berhasil, karena interaksi guru yang selalu mendorong dan membantu siswa dengan melakukan alih kode dalam konteks tertentu.
ABSTRACT
Ainy Mauliddiyah. 2019. Code-Switching In English Class At Junior High School. Thesis. Language and Literature Education Program. Post graduate of State University of Surabaya. Supervisors: (1)Ahmad Munir, Ph.D, (2) Dr. Ali Mustofa, M. Pd.
Key Words : Code-switching, English Class, Utterances, Successful
Code-switching is not only found in social contexts, but we can also find it in the context of learning English in the classroom. Therefore, this research aims to observe the code switching that occurs in English class by students or a teacher. This research was conducted to find out what factors trigger the occurrence of code switching in English class, in what context do code-switching take place in English class, and also find out how is the success of interaction in English class when code-switching is applied.
The data in this study were analyzed qualitatively and through several stages, namely: (1) data transcription, (2) data classification, (3) data analysis for the use of code switching that occurs in English class and (4) data interpretation. The study involved the students from class 7c who were able to make communication and also an English teacher in this class. The data is taken from the students’ and teacher's utterances and source data is taken from the result of the observation and also the result of students' and teacher's utterances.
Based on the data analysis, the results of this study indicated that the factors that might trigger code switching in English class interactions, the first was a factor of did not know words or sentences in English, the second factor was to avoid misunderstandings, the third was emphasis on a sentence by repeating words, the fourth was the trigger factor of the participation of others (friends, other students, or teachers). Moreover, the findings of this study indicated that code-switching occurred in several contexts. The most happened when there was making comment, when students are commenting to teacher or their friends. The other contexts that often appear code-switching in English classroom interactions by students or teacher was the context of answering and asking questions. Another context is when opening a discussion activity or conducting discussion, in this context sometimes the activities of students and teachers also occurred code-switching in communication.
In conclusions, From the data of the analysis showed that the using of code-witching in English class was success. The interactive activities of learning English in the classroom were successful, because of the interaction of teachers who always encourage and help students by doing code-switching in certain contexts.