THE DEVELOPMENT OF A GUIDE BOOK OF HOME ACTIVITY TO IMPROVING CHILDREN'S SELF-RELIANCE SKILLS 4 - 5 YEARS OLD
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku home activity untuk meningkatkan kemampuan kemandirian anak usia 4 - 5 tahun. Buku ini ditujukan untuk membantu guru PAUD dan Orangtua dalam memberikan kegiatan pembelajaran berdasarkan practical life yang dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah. Model penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R & D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemntation and Evaluation) dengan desain uji coba menggunakan One Group Design Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini guru PAUD yang berjumlah 4 orang, 20 anak kelompok A di Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan ahli validasi adalah ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan kuisioner yang diberikan kepada 4 guru PAUD dan kuisioner yang diberikan kepada 2 orang ahli validasi.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah hasil uji kelayakan buku panduan oleh validator memperoleh 95% presentase dimana tersebut dikategorikan “sangat baik” sehingga valid untuk diuji cobakan. Hasil uji coba oleh guru memperoleh 79,3% presentase dimana tersebut dikategorikan “baik” untuk digunakan. Hasil kefektifan pada analisis obeservasi menunjukkan adanya perubahan signifikan score pretest postest pada anak dengan Teknik uji Wilcoxon menggunakan tabel penolong (Wtabel=52) dengan taraf 5%. Hasil score rank menunjukkan 23,54 yang berarti Whitung Wtabel disimpulkan terdapat perubahan pada pretest dan postest
.
Kata Kunci: buku panduan, home activity, practical life
This study aims to produce a product of guidebook of home activities improving children’s self-reliance skills of 4 - 5 years old. This is a guidebook to assists early childhood education teachers and parents in providing practical-life activities at school and home. This research is a Research and Development (RnD) research. This study uses the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate) with One Group Design pretest-posttest to analyze data. The subjects of this study were 4 early childhood education teachers and 20 children in Sidoarjo country. This study uses structured interviews and questionnaires as a data collection method.
The results of the analysis that from indicate a guide book is feasible to use with the percentage of material and media feasibility assessment 95% which is categorized as very valid or “ excellent”. A trial product on 4 early childhood education teachers showed that the guide book was on categorized “good” with a percentage of 79,3%. That’s mean the guide book of home activity can used by teachers and parents for improving children’s self-reliance skills 4 -5 years old. The results for effective of guide book is a significant change of the postest pretest score on the child with the Wilcoxon test using the helper chart (Wtable =52) at 5%. The score rank is showing 23.54 That’s mean the Whitung table deduced were changes in pretest and postest.
Keyword: guide book, home activity, practical life