Penelitian yang dilakukan adalah studi literatur yang memiliki tujuan untuk bisa mengetahui seberapa relevan berpengaruhnya antara bimbel dan prestasi siswa di sekolah. Untuk dapat mengetahui seberapa relevan pengaruh dari bimbingan belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, peneliti melakukan analisis jurnal sebagai sumber penelitian dengan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan sumber analisis sebagiai metode utama untuk pengumpulan data, sumber yang didapat dari situs jurnal nasional dan internasional seperti google scholar, research gate, dan sinta. Kriteria jurnal yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini yaitu, jurnal yang membahas mengenai manfaat bimbel pada prestasi belajar siswa disekolah berupa adanya peningkatan nilai siswa, sumber menggunakan penelitian terkait dengan batasan lima tahun terakhir pada penelitiam ini.
Riset ini menggunakan analisis dengan cara menganalisa tulisan penelitiaan sebelumnya secara simpel dimana, variabel independennya adalaah bimbel (bimbingan belajar) dan vaariabel dependennya adalah prestasi belajar, dalam proses analisis datanya. Hasil yang dipatkan peneliti dalam menganalisa jurnal menunjukkan bahwa bimbel dapat berpengaruh dalam hasil belajar peserta didik, yang bisa diamati dari adanya pengembangan nilai dari siswa-siswi yang mengikuti bimbel diluar sekolah. Peningkatan ini dapat ditunjukkan melalui table hasil belajar siswa serta perrsentase angket yang pada umumnya membuktikan pengeembangan yang lebih baik terhadap peserta didik atau siswa yang ikut serta dalam bimbingan belajar dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti bimbel (bimbingan belajar).
The research conducted is a literature study which aims to find out how relevant it is to influence tuition and student achievement in school. To be able to find out how relevant the effect of tutoring outside of school is on student achievement at school, the researcher conducted a journal analysis as a research source using quantitative descriptive methods. Collection of analysis sources as the main method for data collection, sources obtained from national and international journal sites such as Google Scholar, Research Gate, and Sinta. The criteria for journals that are used as data sources in this study are journals that discuss the benefits of tutoring on student achievement in school in the form of an increase in student grades, sources use research related to the limits of the last five years in this research.
This research uses analysis by simply analyzing previous research papers where, the independent variable is tutoring (tutoring) and the dependent variable is learning achievement, in the data analysis process. The results of the researcher in analyzing the journal show that tutoring can have an effect on the learning outcomes of students, which can be observed from the value development of students who take tutoring outside of school. This increase can be shown through the student learning outcomes table and the percentage of questionnaires which generally prove better development of students or students who take part in tutoring compared to students who do not take tutoring (tutoring).