THE VALIDITY OF LEARNING DEVICES BASED GUIDED INQUIRY TO IMPROVE SCIENCE PROCESS SKILLS IN ON VIBRATION AND WAVE MATERIALS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran yang berbasis inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang untuk melatihkan keterampilan proses sains (KPS). Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan lembar penilaian. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei yang dilakukan oleh 3 validator ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli pedagogi, dan praktisi yaitu 2 dosen ahli IPA dan 1 guru IPA SMP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Penilaian validitas perangkat pembelajaran diukur berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi yang didapatkan berupa skor dan saran untuk perbaikan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validasi ahli menggunakan modus. Hasil validasi silabus menunjukkan modus sebesar 4 sehingga termasuk kategori valid. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan lembar penilaian juga menunjukkan hasil yang sama yaitu modus sebesar 4 sehingga termasuk kategori valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan dilakukan revisi berdasarkan saran yang telah diberikan validator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak dari aspek validitas untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi getaran dan gelombang.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains
This study aimed to describe the validity of learning devices based on guided inquiry on vibration and wave materials to practice science process skill. The learning devices described were the syllabus, lesson plans, student work sheets and assessment sheets. This type of research used quantitative descriptive. The data collection technique used was a survey technique carried out by 3 expert validators consisting of material experts, pedagogists, and practitioners, namely 2 science lecturers and 1 junior science teacher. The research instrument used was a validation sheet. Assessment of the validity of learning devices was measured based on the results of validation. Validation results obtained in the form of scores and suggestions for learning devices. The analysis technique used was expert validation analysis using mode. The results of the validation of syllabus showed valid category with mode 4. The results of the validation of the lesson plans, the student work sheets and the assessment sheets also showed the same results. These results indicate that the learning device was said to be valid and feasible to be used in the learning process with a revision based on the suggestions given by the validator. The conclusion of this study was a guided inquiry-based learning device was declared feasible in terms of validity to improve students' science process skills in vibration and wave material
Keywords : learning devices, guided inquiry, science process skills