STUDENTS' PERCEPTIONS ON WRITTEN AND ORAL FEEDBACK IN WRITING CLASS
Sebagai salah satu keterampilan dalam bahasa Inggris, menulis memainkan peran penting bagi siswa, terutama dalam lingkungan akademik. Sejalan dengan itu, terkadang siswa menemukan keterampilan menulis yang menantang untuk dipelajari, dan mungkin tidak mudah bagi guru untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Akibatnya, umpan balik guru diperlukan untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka. Untuk mengetahui keberhasilan umpan balik yang diterapkan, kita perlu tahu dari perspektif peserta didik. Oleh karena itu, artikel konseptual ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan antara umpan balik tertulis dan lisan guru dalam tulisan berdasarkan persepsi siswa dan melihat jenis umpan balik guru mana yang terbaik dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa, terlepas dari bentuk umpan balik, siswa telah meningkat secara tertulis dan bahwa tidak ada hubungan antara pilihan umpan balik dan kualitas revisi. Dengan demikian, mungkin perlu untuk membuat diskusi dan keprihatinan yang praktis dan bahkan dapat dilaksanakan antara siswa dan guru, bahwa input lisan dan tertulis digabungkan untuk meningkatkan menulis siswa yang lebih baik. Untuk membuat siswa dan guru merasa realistis dan bahkan layak dalam diskusi, umpan balik tertulis harus diikuti oleh umpan balik lisan.
As one of the skills in English, writing plays an essential role for students, especially in the academic setting. In line with, sometimes students find writing skill challenging to learn, and it may not be easy for teachers to improve their writing ability. Consequently, teacher feedback is needed to enhance students' ability in writing. In order to consider the feedback quality implemented, we need to know from the learners' perspective. Therefore, this conceptual article aims to investigate the distinctive of both oral and written teacher's feedback in writing based on students' perceptions and see which teacher's feedback type is best in improving students' writing ability. The results show that, regardless of the feedback form, students' improvement in writing could have no relation between feedback choice and the quality of revisions. As such, it may be necessary to make practical and even workable discussions and concerns between students and teachers, that oral and written input can be combined to improve student writing better. By way of making the students and teacher feel realistic and even feasibly in the discussion, it is better to implement written feedback that followed by oral feedback.