Surabaya memiliki tingkat kemacetan yang cukup tinggi, hal ini seiring laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Salah satu jalan yang rawan kemacetan di kota Surabaya adalah ruas jalan Mayjen Sungkono-M. Hr. Mohammad, tepatnya di Bundaran Satelit. Upaya pemerintah dalam mengurangi kemacetan dengan pembangunan overpass Mayjen Sungkono, hal ini diharapkan dapat merubah kepadatan ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar satuan mobil penumpang, derajat kejenuhan, serta analisis geografis sebelum dan sesudah pembangunan overpass Mayjen Sungkono.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengukuran, dokumentasi, dan wawancara. Data utama berupa volume lalu lintas, waktu kemacetan, panjang antrian kemacetan, dan kapasitas jaringan jalan. Data sekunder yakni data monografi, peta administrasi dan tata guna lahan kota Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Satuan mobil penumpang yang melintas di Bundaran Satelit sebelum pembangunan overpass memiliki rata-rata 2.561 smp/jam, sedangkan sesudah pembangunan overpass mengalami penurunan menjadi rata-rata 1.921 smp/jam. 2) Tingkat derajat kejenuhan di jalan Bundaran Satelit, jalan M. Hr. Mohammad, dan jalan KH. A. W. Saimin sebelum dan sesudah pembangunan overpass termasuk dalam tipe F yaitu mengalami arus terhambat, kecepatan rendah, volume melebihi kapasitas, banyak berhenti. 3) Analisis geografis meliputi keruangan yaitu menurunnya jumlah satuan mobil penumpang dan tingkat derajat kejenuhan termasuk tipe F, kompleks wilayah yaitu pola kemacetan yang memanjang ke arah barat, dan kelingkungan yaitu banyaknya kadar polutan dan sisa-sisa bahan pembangunan overpass yang belum dibersihkan.
Kata kunci: kemacetan, pembangunan overpass, satuan mobil penumpang.
Surabaya has quite high traffic, this is in line with the rate of population growth that continues to increase. One of the traffic jams in the city of Surabaya is the road section of Mayjen Sungkono-M. Hr. Mohammad, precisely at the Satelit Traffic Roundabout. The government's efforts to reduce traffic by building overpass Mayjen Sungkono are expected to change the density of the road segment. The purpose of this research is to find out how big the passenger car unit is, the degree of saturation, and geographical analysis before and after the overpass construction of Mayjen Sungkono.
The technique for collecting data uses measurement, documentation, and interview methods. The main data is traffic volume, traffic time, traffic queue length, and road network capacity. Secondary data are monographic data, maps of administration and use of land in the city of Surabaya.
The results of the study: 1) The passenger car unit that passed at the Satelit Roundabout before the overpass construction had an average of 2,561 pcu/hour, while after the overpass construction it decreased to an average of 1,921 pcu/hour. 2) The degree of saturation at the Bundaran Satelit road, M.Hr. Mohammad, and KH. A. W. Saimin before and after overpass construction is included in type F which is experiencing impeded currents, low speed, volume exceeding capacity, many stops. 3) Geographical analysis includes space, namely the decrease in the number of passenger car units and the degree of saturation including type F, complex areas, namely the traffic pattern that extends westward, and the environment, namely the amount of pollutants and remnants of overpass material that has not been cleaned.
Keywords: traffic, overpass construction, passenger car units.