EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SD NEGERI SE GUGUS GARUDA KECAMATAN KARTOHARJO KABUPATEN MAGETAN
EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF PHYSICAL EDUCATION, SPORTS AND HEALTH AT SD NEGERI SE GUGUS GARUDA, KARTOHARJO DISTRICT, MAGETAN DISTRICT
ABSTRAK
Bambang Haryono. 2022. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada SD Negeri Se Gugus Garuda Kec. Kartoharjo Kab. Magetan. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya Pembimbing: (I) Dr. Noortje Anita Kumaat, M.Kes, (II) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Evaluasi, pelaksanaan pembelajaran, CIPP
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian materi pembelajaran dengan kebutuhan lingkungan sekolah seperti yang terdapat dalam kurikulum. Dari segi input, hal yang perlu dievaluasi meliputi latar belakang guru PJOK, serta kesesuaian sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dengan mengacu pada Permendiknas no. 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Dari segi process yang perlu dievaluasi meliputi proses pelaksanaan pembelajaran PJOK. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan mix methodes dengan kombinasi atau menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian evaluatif ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam.
Peneliti memilih model CIPP dikarenakan model ini cukup lengkap mengevaluasi suatu program pembelajaran pendidikan jasmani serta memberikan kemudahan pada peneliti untuk penggolongan komponen-komponen program dalam bentuk context, input, process, dan product sehingga dapat diketahui komponen yang belum mencapai kriteria. Deskripsi hasil penelitian ini menekankan pada evaluasi konteks, input proses, dan produk program pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada SD Negeri Se Gugus Garuda. Penyajian data hasil evaluasi dideskripsikan dalam empat kategori yaitu evaluasi context, input, process, dan product. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum program pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri Gugus Garuda telah berbedoman pada BSNP.
ABSTRACT
Bambang Haryono. 2022. Evaluation of the Implementation of Sports and Health Physical Education Learning at Se Gugus Garuda Public Elementary School, Kec. Kartoharjo Kab. Magetan. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University Supervisor: (I) Dr. Noortje Anita Kumaat, M. Kes, (II) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Evaluation, implementation of learning, CIPP
This study aims to identify the suitability of learing materials with the needs of school environment as contained in the curriculum. In terms of input. Things that need to be evaluated inclued the background of PJOK teachers, as well as the suitability of physical education learning facilities and infrastructure with reference to Permendiknas no. 40 of 208 concerning standards for facilities and infrastucture of the National Education Standars Agency BSNP. In term of processes that need to be evaluated include the process of implementing PJOK learning.
This type of research in evaluation research usig mix methods with a combination or combination of qualitative and quantitative. This evaluative reseach uses the CIPP model ( Context, Input, Process, Product) developed by Stufflebeam. The researcher chose the CIPP model because this model is quite complete in evaluating a physical education learning progeram and makes it easy for researchers to classify program components in the form of context , input, process and product so that components the have not met the criteria can be identified.
The description od results of this study emphasies context evaluation, process input, and products of the Physical Education Sport and Health (PJOK) learning program at SD Negeri Se Gugus Garuda. The presentations of evaluation result data is described in four categories: context, input, process and product evaluation. Based on the result of the study can be concluded that in general the physical education learning program at Gugus Garuda State Elementary School in guided by the BSNP.