Penelitian ini bertujuan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar dan karakter cinta tanah air pada materi sumpah pemuda terhadap peserta didik di MAN 2 kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi- Eksperimental design dengan non equavent Pretest-postest Control Group design. Data hasil penelitian ini adalah untuk hasil belajar siswa pada data awal test tulis peserta didik (pretest) dalam materi sumpah pemuda pada kelas eksperimen dikelas kontrol menunjukkan tidak terlampau jauh perbedaannya. Dimana rerata nilai pretest kelas eksperimen adalah sebesar 21, 083 dan pada kelas kontrol sebesar 21,492. Sedangkan pada nilai rerata posttest kelas eksperimen sebesar 44, 042 dan kelas control sebesar 34,524. Hasil analisis statistic deskriptif untuk karakter cinta tanah air by cluster siswa pada data awal test tulis peserta didik (pretest) dalam materi sumpah pemuda pada kelas eksperimen dikelas kontrol menunjukkan tidak terlampau jauh perbedaannya. Dimana rerata nilai pretest kelas eksperimen adalah sebesar 106,125 dan pada kelas kontrol sebesar 104,191. Sedangkan pada nilai rerata posttest kelas eksperimen sebesar 109,708 dan kelas control sebesar 106,000. Adapun hasil karakter cinta tanah air by school siswa pada data awal test tulis peserta didik (pretest) dalam materi sumpah pemuda pada kelas eksperimen dikelas kontrol rerata nilai pretest kelas eksperimen adalah sebesar 92,083 dan pada kelas kontrol sebesar 88,667. Sedangkan pada nilai rerata posttest kelas eksperimen sebesar 95,125 dan kelas control sebesar 89, 286.Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar dan karakter cinta tanah air peserta didik pada materi sumpah pemuda.
This study aims to analyze the presence or absence of the influence of the Role Playing model on the learning outcomes and character of homeland love in the youth oath material for students in MAN 2 in Probolinggo city.
This study uses the Quasi-Experimental design method with a non equavent Pretest-posttest Control Group design. The data from this study are for student learning outcomes in the initial data of the student's written test (pretest) in the youth oath material in the experimental class in the control class indicating that the difference is not too far. Where the mean value of the experimental class pretest was 21, 083 and in the control class was 21,492. Whereas at the posttest average the experimental class was 44, 042 and the control class was 34,524. The results of descriptive statistical analysis for the love character of the homeland by cluster students in the initial data of the students' pretest test in the youth oath material in the experimental class in the control class showed that the difference was not too far. Where the average value of the pretest of the experimental class was 106.125 and in the control class was 104.191. Whereas at the posttest average the experimental class was 109,708 and the control class was 106,000. The results of the character of homeland by school students in the initial data written test of students (pretest) in the youth oath material in the experimental class in the class of average control the pretest value of the experimental class was 92,083 and in the control class 88,667. Whereas in the posttest mean the experimental class was 95.125 and the control class was 89, 286. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the Role Playing learning model influences the learning outcomes and character of homeland love of students in the youth oath material.