Branding Oli Bmaxx RG79 Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Di Wilayah Surabaya
Bmaxx RG79 Oil Branding As An Effort To Build A Brand Awareness In The Surabaya
PT Bimasakti Energi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan stockiest, penyewaan jasa sipil, dan jaringan telekomunikasi. Saat penelitian ini dilakukan, perusahaan tersebut mengeluarkan produk baru yang bernama Bmaxx-RG79 yang merupakan produk oli (pelumas) grease yang dikhususkan untuk mesin-mesin industri (pabrik). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk branding bagi Oli Bmaxx-RG79 yang digunakan sebagai upaya membangun brand awareness. Dalam hal ini permasalahan yang dikaji adalah tidak tersedianya branding produk Oli Bmaxx-RG79 sehingga masyarakat sebagai konsumen, khususnya di Surabaya belum mengetahui adanya produk tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan hanya tiga tahap yang dilakukan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, dan desain produk. Peneliti menggunakan tiga tahap saja karena hanya bertujuan mengenalkan brand awareness produk oli ini kepada konsumen. Analisis dilakukan dengan analisis SWOT, yaitu sebagai pengukur kemaksimalan branding yang diperbandingkan dengan produk pesaing yang sejenis. Branding yang dirancang meliputi desain logo, kemasan produk, seragam, pamflet, kartu nama, serta kendaraan operasional. Perwajahan desain didominasi oleh warna biru, dimana hal tersebut menunjukkan kesiapan perusahaan untuk senantiasa produktif dalam memenuhi kebutuhan konsumen, yang mereka sebut sebagai mitra.
PT Bimasakti Energi Indonesia were stockiest trading firms, civilian service leasing, and telecommunication network. As the study carried out, the company released new product called Bmaxx- RG79 that was product of oil grease devoted to industrial machine (factory). The research was meant to produce a branding for the Bmaxx-RG79 oil that was used in an effort to introduce products. There is no possible branding product of oil Bmaxx-RG79 in this case that people as customer, especially in Surabaya are not aware of the product. The methods used are research and development with only three phases of potential and problem, data cllection, and product desain. Researchers use only three steps because their aim is to introduce the brand awareness of this oil product to the customer.analysisi is made with SWOT analytical, which measures filthiness branding being compared with a rival product o the same type. Branding designed include logo, packaging products, uniforms, pamphlets, business cards, and operation vehicles. Design facing is dominated by the blue colour, in which it indicates company preparedness to continue productive to meet the needs of customer, the called as partners.