Pengembangan Buku Panduan Aplikasi Coreldraw Dalam Keterampilan Desain Grafis Siswa Tunarungu Tingkat SMK
Development of the Coreldraw Application Guidebook in Graphic Design Skills For Deaf Students at SMK
Dalam mempelajari Coreldraw telah terdapat banyak tutorial di internet dalam bentuk teks maupun video dan tersedia buku panduan terbitan, namun kebanyakan tutorial maupun buku tentang pengoperasian Coreldraw tidak cocok untuk anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan aplikasi Coreldraw dalam keterampilan desain grafis siswa tunarungu dan menguji kelayakan buku panduan aplikasi Coreldraw. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D Thiagarajan dan hanya diterapkan dalam tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Pengembangan buku panduan ini meliputi materi pengoperasian Coreldraw yang setiap tahapan cara dilengkapi dengan gambar penjelas dan menggunakan bahasa sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket hasil uji validasi ahli. Hasil penelitian pengembangan telah dilakukan validasi ahli materi dengan analisis perolehan 76,36%. Sedangkan penilaian dari ahli media analisis perolehan mendapatkan 83,52%. Berdasarkan hasil kedua analisis ahli materi dan ahli media, buku panduan aplikasi Coreldraw dapat dikategorikan baik dan layak digunakan baik belajar secara mandiri maupun belajar dengan bantuan guru untuk keterampilan desain grafis siswa tunarungu.
There have been many tutorials on the internet for learning Coreldraw in the form of text and videos and published guidebooks but most tutorials and books about the operation of Coreldraw are not suitable for deaf children, and only intended for the general public. This study aims to develop a Coreldraw application guidebook in graphic design skills of deaf students and to test the feasibility of the Coreldraw application guidebook. The development of this guidebook includes operating material for Coreldraw, which every step of the way is equipped with explanatory images and uses simple language. The data collection technique uses a questionnaire of expert validation test results. The results of the development research have been validated by material experts with an analysis of 76.36% gain. While the assessment of the media expert analysis of the acquisition got 83.52%. Based on the results of the two analysis of material experts and media experts, the Coreldraw application guidebook can be categorized as good and suitable to be used both for independent study and learning with the help of teachers to improve the graphic design skills of deaf students.