Administrasi Infrastruktur Jaringan (AIJ) adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam membantu peserta didik untuk menjadi seseorang yang berkompeten dalam hal mengkonfigurasikan jaringan. Namun, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan kegiatan pembelajaran masih menggunakan media yang terasa monoton dan membosankan bagi siswa. Hal ini terlihat dari kurang fokusnya siswa dalam menyimak materi pembelajaran. Selain itu padatnya materi pembelajaran juga menjadi kendala bagi siswa dalam menerima pelajaran dan juga guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di sekolah.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan media pembelajaran berbasis website serta untuk mengetahui pengaruh hasil peningkatan kemampuan psikomotorik siswa dalam hal mengkonfigurasikan jaringan pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis website dan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji coba yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan menggunakan model One Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian ini diperoleh di SMK Negeri 1 Surabaya dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKJ 1 dengan jumlah 34 siswa serta melibatkan beberapa validator ahli produk yang terdiri dari dosen dan guru. Hasil penelitian yang diperoleh pada penilaian validasi media sebesar 88% (sangat valid), validasi materi sebesar 89% (sangat valid), validasi soal tes sebesar 91% (sangat valid), dan validasi RPP sebesar 88% (sangat valid). Maka hasil nilai rata - rata kevalidan produk yaitu sebesar 90%, sehingga dikategorikan “sangat valid” dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran. Sedangkan untuk hasil analisis uji hipotesis menunjukkan sig. (2-tailed) = 0,001 dimana 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis website dengan menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap hasil tes psikomotorik siswa. Dari pengujian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis website dengan menerapkan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam mengkonfigurasikan jaringan.
Kata Kunci: Administrasi Infrastruktur Jaringan, Media Pembelajaran, Website, Project Based Learning, Psikomotorik, Konfigurasi Jaringan