Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis Appy Pie pada kompetensi dasar pemasaran online menggunakan media sosial kelas XI Bisnis Daring Pemasaran, (2) mendeskripsikan kelayakan media, (3) Mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis Appy Pie.
Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah 4D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Tetapi penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada tahap Develop. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Lembar validasi ahli untuk mendapatkan penilaian konten pada media pembelajaran berbasis Appy Pie, (2) Lembar telaah ahli untuk mendapatkan penilaian berupa saran yang perlu direvisi pada media pembelajaran. (3) Angket respon peserta didik digunakan untuk melihat penilaian setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran.
Hasil penilaian dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90%, penilaian ahli bahasa menunjukkan persentase sebesar 73%, dan penilaian ahli media mendapatkan persentase sebesar 85% sehungga layak digunakan untuk media pembelajaran di kelas. Penilaian dari uji coba terbatas menunjukkan hasil persentase sebesar 93%, dan dari uji coba kelas lapangan mendapatkan hasil persentase 94%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah media berbasis Appy pie dapat digunakan dalam pemasaran bisnis online.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Appy Pie, Pemasaran Online, Media sosial
This research and development aims to (1) describe and find out the process of developing learning media based on Appy Pie for online marketing using social media on the basic marketing competency class Marketing Business class XI, (2) describe the feasibility of media, (3) describe the students responses.
Thiagarajan’s 4D development methode is used to development the media. The development until Define, Design, Develop and Disseminate. But this research and development limited in Development. This reasearch develepment used : 1. Validation form to get validation conten from experts, 2. material foam to get analysis research that describe necessary revision for the media’s material. 3. Responses form to get student’s response using the media.
The result from the expert show 90% content, linguists 73%, media 85% are feasble to use in the class. From the forst trial show 93% students renspon positively, and from second trial 94%. The conclusion from this research and development is the media based on Appy pie can be used in the Online business marketing.
Keywords: Learning Media, Appy Pie, Online Marketing, social media