ANALISIS PEMILIHAN PERKERASAN LENTUR DAN KAKU BERDASARKAN LIFE CYCLE COST ANALYSIS DI KOTA KEDIRI
Analysis Of Rigid And Flexible Pavement Selection Based On Life Cycle Cost Analysis In Kediri City
Perencanaan kontruksi jalan penting dilakukan untuk pembangunan infrastruktur yang merupakan kebutuhan dasar sebagai fasilitas agar perekonomian berfungsi dengan baik. Pembangunan konstruksi jalan memerlukan investasi biaya awal yang besar. Perhitungan biaya selama siklus hidup memerlukan biaya konstruksi dan biaya perawatan dan rehabilitasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tebal perkerasan, biaya selama siklus hidup, dan rekomendasi perkerasan yang layak untuk ruas jalan Kota Kediri. Metode menggunakan pedoman Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan biaya selama siklus hidup dalam 20 tahun kedepan. Hasil yang diperoleh tebal perkerasan lentur 39,5 cm dengan AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, AC-base 8 cm, dan agregat kelas A tebal 21,5 cm. Tebal perkerasan kaku 27,5 cm dan tebal beton kurus 10 cm dengan perkerasan kaku beton bersambung tanpa tulangan berkekuatan 30 MPa. Biaya konstruksi pada perkerasan lentur sebesar Rp 4.836.032.057 lebih hemat dibandingkan pada perkerasan kaku sebesar Rp 5.385.116.789. Biaya perawatan dan rehabilitasi perkerasan kaku memiliki biaya paling kecil Rp 1.629.662.892 dibandingkan perkerasan lentur sebesar Rp 8.780.362.112. Total biaya selama siklus hidup perkerasan kaku lebih hemat Rp 7.014.779.681 dibanding perkerasan lentur sebesar Rp 13.616.394. Perkerasan kaku lebih layak untuk diaplikasikan pada ruas jalan perkotaan Kota Kediri.
Kata Kunci: Bina Marga 2017, LCCA, Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku.
Road construction planning is important for infrastructure development which is a basic requirement as a facility for the economy to function properly. Road construction requires a large initial investment. Calculation of costs over the life cycle requires construction costs and maintenance and rehabilitation costs. The purpose of this study was to determine the thickness of the pavement, costs during the life cycle, and recommendations for proper pavement for the Kediri City roads. The method uses the 2017 Road Pavement Design Manual guidelines and costs over the life cycle in the next 20 years. The results obtained are 39.5 cm thick flexible pavement with 4 cm AC-WC, 6 cm AC-BC, 8 cm AC-base, and 21.5 cm thick class A aggregate. The thickness of the rigid pavement is 27.5 cm and the thickness of the thin concrete is 10 cm with a continuous concrete rigid pavement without reinforcement with a strength of 30 MPa. Construction costs on flexible pavements amounting to IDR 4,836,032,057 are more economical than those on rigid pavements amounting to IDR 5,385,116,789. The cost of maintaining and rehabilitating rigid pavements costs at least IDR 1,629,662,892 compared to flexible pavements of IDR 8,780,362,112. The total cost during the life cycle of a rigid pavement is Rp. 7,014,779,681 more efficient than a flexible pavement of Rp. 13,616,394. Rigid pavement is more feasible to be applied to urban roads in the City of Kediri..
Keywords: Bina Marga 2017, Flexible Pavement, Rigid Pavement, LCCA