PENGARUH KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BELAJAR MENGIKUTI KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C UPT SKB GRESIK
THE INFLUENCE OF THE FAMILY ON STUDENTS' LEARNING READINESS IN PARTICIPATING LEARNING ACTIVITIES IN THE EQUALITY PROGRAM PACKAGE C UPT SKB GRESIK
Keluarga adalah lembaga pendidikan informal pertama bagi anak. Dalam sebuah keluarga menjadi tempat anak hidup dan berkembang hingga matang. Keluarga menjadi faktor eksternal untuk mendukung pendidikan anak. Sedangkan kesiapan belajar merupakan gabungan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memperoleh keberhasilan peserta didik saat proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keluarga terhadap kesiapan belajar peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran pada program kesetaraan paket C UPT SKB Gresik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik program kesetaraan paket C UPT SKB Gresik dengan jumlah 91 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability Sampling dengan jenis sampel yang digunakan Sampling Purposive dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui melalui kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji regresi linier sederhana dengan persentase pengaruh variabel X (keluarga) terhadap variabel Y (kesiapan belajar) yang ditunjukkan dengan nilai > yaitu 3,433 > 2,042 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maknanya terdapat pengaruh keluarga terhadap kesiapan belajar peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran program kesetaraan paket C UPT SKB Gresik. Persamaan regresi linier sederhana diperoleh Y = 32,889+0,390X.
Kata kunci : Keluarga, Kesiapan Belajar.
The family is the first non-formal educational institution for children. A family is a place where children live and develop until they mature. The family is an external factor to support children's education. Meanwhile, learning readiness is a combination of knowledge and skills needed to achieve student success during the learning process. The aim of this research is to determine the influence of the family on students' learning readiness to take part in learning activities in the UPT SKB Gresik UPT Package C equivalency program.
This type of research is quantitative research. The population in this study were all students of the UPT SKB Gresik package C equivalency program with a total of 91 students. Sampling in this study used a non-probability sampling technique with the type of sample used being Purposive Sampling with a total of 32 students. Data collection techniques are through questionnaires and documentation.
The results of this research show the results of a simple linear regression test with the percentage influence of variable So Ha is accepted and Ho is rejected, meaning that there is a family influence on students' learning readiness to take part in learning activities in the UPT SKB Gresik package C equality program. The simple linear regression equation obtained is Y = 32.889+0.390X.
Keywords: Family, Learning Readiness.