ABSTRAK
Bustanul Arifin. 2021 Pengembangan Pembelajaran PJOK Bolavoli Dengan Menggunakan
Modifikasi Bolavoli Mini Bagi Kelas
VII Putri SMP Al Furqon Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik Tahun
2021. Tesis. Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Fakultas Ilmu
Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing Prof. Dr. Nurhasan,
M, Kes dan Dr. Abdul Rahman, S.T,. M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan Pembelajaran PJOK Bolavoli menggunakan
Modifikasi Bolavoli Mini.
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah
pengembanagn pembelajaran bolavoli di SMP
Al Furqon kurang efektif.
Hal ini dikarenakan oleh: (1) siswi
bertempat di asrama pondok pesantren. (2)
siswi kesulitan menerapkan teknik
dasar ketika bermain bolavoli seperti servis, passing bawah, passing atas, (3) siswi kurang antusias dalam
bermain bolavoli. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, perlu adanya alternatif model pembelajaran
bolavoli. Dari perumusan masalah tersebut, bagaimanakah model pengembangan permainan bolavoli mini yang efektif untuk pengembangan pembelajaran
bolavoli di SMP Al Furqon Driyorejo Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan pembelajaran dalam permainan bolavoli mini yang efektif untuk pengembangan
materi bolavoli di SMP Al Furqon Driyorejo Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Adapun prosedur pengembangan yaitu (1) melakukan analisa
produk, (2) mengembangkan bentuk produk
awal, (3) evaluasi ahli menggunakan dua
ahli bolavoli, (4) Uji coba skala kecil (15 siswi), (5) revisi produk pertama,
(6) uji coba skala besar (30 siswi), (7) revisi produk akhir, (8) hasil akhir. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh
dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan di lapangan
dan hasil kuesioner oleh siswi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata validasi ahli pada uji coba
skala kecil di dapat persentase
sebesar 93,30 % (sangat baik), hasil
rata-rata kuesioner siswi pada uji coba skala kecil di
dapat persentase sebesar
93,30 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata
validasi ahli pada uji coba skala besar di
dapat persentase sebesar 98,85 % (sangat baik), hasil rata-rata kuesioner siswi
pada uji coba skala besar didapat persentase sebesar 98,85 % (sangat baik).
Berdasarkan data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan bolavoli yang efektif dan dapat
digunakan dalam pembelajaran adalah bolavoli mini pada siswi Kelas VII SMP Al
Furqon Driyorejo Gresik. Bagi guru
penjasorkes sebagai referensi atau solusi dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes yaitu materi
bolavoli. Bagi siswi pemanfaatan produk permainan bolavoli mini diharapkan mampu bekerjasama, toleransi
dan menjadikan siswi lebih kreatif.