PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA ON A SYSTEM OF TWO VARIABLE LINEAR EQUATION
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint VBA pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media untuk ahli media, lembar validasi media untuk ahli materi, lembar pretest-posttest, lembar pengamatan siswa dan guru, serta lembar angket respon pengguna.
Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kevalidan 3,08 dari 4 (oleh ahli media) dan 3,29 dari 4 (oleh ahli materi) sehingga dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini valid. Uji coba media pembelajaran ini dilakukan secara terbatas kepada 25 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlanggu untuk memperoleh data dari kepraktisan (lembar pengamatan siswa, lembar pengamatan guru, dan angket respon pengguna) dan keefektifan media (pretest dan posttest).
Hasil dari penelitian setelah di ujicoba dan dievaluasi, menunjukkan media pembelajaran ini dikatakan praktis karena berdasarkan persentase angket respon pengguna diperoleh 75,75% atau dapat digunakan tanpa revisi dan berdasarkan lembar pengamatan siswa dan guru masing-masing diperoleh kategori sangat baik dengan persentase 93,68% dan 78,57% yang dapat diterapkan dalam pembelajaran serta siswa lebih termotivasi dalam belajar. Berdasarkan pretest dan posttest dengan nilai N-Gain 0,37 dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint VBA ini efektif dengan kategori sedang karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
This study aims to develop interactive learning media based on PowerPoint VBA on a System of Two-Variable Linear Equations and determine the results of the development of learning media in terms of validity, practicality, and effectiveness. This research uses the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments are media validation sheets for media experts, media validation sheets for material experts, pretest-posttest sheets, student and teacher observation sheets, and user response questionnaire sheets.
Based on the results of the research that has been done, an average validity value of 3.08/4 (media expert) and 3.29/4 (material expert) is obtained so that it can be categorized that PowerPoint VBA-based interactive learning media is valid. This learning media trial was conducted on 25 VII students of SMP Negeri 1 Dlanggu to obtain practicality (student observation sheets, teacher observation sheets, and user response questionnaires) and media effectiveness (pretest and posttest).
After tested and evaluated, this learning media is said to be practical because based on the percentage of user response questionnaires obtained 75.75% or it can be used without revision and based on student and teacher observation sheets each obtained a very good category with a percentage of 93.68 % and 78.57% which can be applied in learning and students are more motivated in learning. Based on the pretest and posttest with an N-Gain value of 0.37, it can be said that this PowerPoint VBA-based interactive learning media is effective in the moderate category because it can improve student learning outcomes.