MOTIF MAHASISWA RANTAU MENGIKUTI MAGANG BERSERTIFIKAT (Studi Fenomenologi di DP3AP2KB Kota Surabaya)
THE MOTIVE OF OVERSEAS STUDENTS TO TAKE PART IN MAGANG BERSERTIFIKAT (Phenomenology Studies in DP3AP2KB Kota Surabaya)
Kemendikbudristek memberikan hak kepada mahasiswa mengikuti pembelajaran di luar program studi. Untuk memanfaatkan hak tersebut, mahasiswa bisa mengikuti kegiatan magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), riset atau penelitian, serta kegiatan lainnya yang telah disediakan oleh perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengikuti salah satu delapan dari kegiatan yang telah disediakan oleh Kemendikbudristek, salah satunya Magang Bersersertifikat. Alih-alih mengikuti kegiatan yang telah disediakan oleh perguruan tinggi, banyak mahasiswa yang memutuskan merantau untuk mengikuti Magang Bersertifikat, seperti yang terjadi di salah satu mitra Magang Bersertifikat, yakni DP3AP2KB Kota Surabaya. Merujuk pada fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif sebab dan motif tujuan mahasiswa rantau yang mengikuti Magang Bersertifikat di DP3AP2KB Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori fenomenologi Alfred Schutz menjadi pisau analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif sebab mahasiswa rantau mengikuti Magang Bersertifikat, antara lain pengalaman, lingkungan, kejenuhan, kesempatan, opsi terakhir, dan fasilitas kegiatan. Sedangkan, motif tujuan mahasiswa rantau mengikuti Magang Bersertifikat, antara lain akademik, ekonomi, dan pengalaman.
The Ministry of Education and Culture gives students the right to take part in learning outside the study program. To take advantage of this right, students can take part in internships, Real Work Lectures (KKN), research or studies, as well as other activities provided by universities. Apart from that, students can also take part in one of eight activities provided by the Ministry of Education and Culture, one of which is Certified Internship. Instead of taking part in the activities provided by universities, many students decide to go abroad to take part in Certified Internships, as happened with one of the Certified Internship partners, namely DP3AP2KB Surabaya City. Referring to this phenomenon, this research aims to identify the causes and motives for the goals of overseas students who take part in Certified Internships at DP3AP2KB Surabaya City. The method used in this research is a qualitative research method with Alfred Schutz's phenomenological approach. Data collection in this research went through three stages, namely observation, interviews and documentation. Alfred Schutz's phenomenological theory is the analytical tool in this research. The results of this research show that the motives why overseas students take part in Certified Internships include experience, environment, boredom, opportunity, last option, and activity facilities. Meanwhile, the motives for overseas students to take part in Certified Internships include academics, economics and experience.