FOOD PHOTOGRAPHY AS A PROMOTION MEDIA FOR "SUSI CAKE AND CRISPY"
Abstrak
Berkembangnya ragam kuliner di Indonesia menjadikan peluang usaha di bidang makanan semakin meningkat terutama pada olahan jenis kue. Salah satunya adalah UMKM Susi Cake And Crispy yang memproduksi olahan kue dan keripik yang fresh, sehat dan berkualitas tetapi dengan eksistensi yang rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan dari pihak Susi Cake And Crispy dalam melakukan upaya promosi terutama pada visual produk yang kurang menarik minat konsumen. Tujuan dari perancangan ini adalah mendeskripsikan konsep dari foto makanan dan bagaimana proses perancangannya. Menggunakan metode penelitian kualitatif, karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Tahapan dalam proses peracangan fotografi makanan meliputi identifikasi data untuk memperoleh data primer dan sekunder, kemudian dianalis untuk menghasilkan segmentasi pasar, matrik SWOT, USP, targetting dan positioning, membentuk strategi kreatif, dilanjut ke proses eksekusi visualisasi desain yang meliputi pembuatan thumbnail, tight issue, dan final desain. Tahap selanjutnya adalah tahap Implementasi di mana desain akan diterapkan menjadi media promosi. Hasil dari perancangan ini berupa media utama feeds Instagram, Instastory, ucapan moment spesial yang selanjutnya dipublikasikan di akun Instagram Susi Cake and Crispy.
Kata kunci: Fotografi, Fotografi Makanan, Promosi, Media Sosial
Abstract
The development of culinary variety in Indonesia makes business opportunities in the food sector increase, especially in processed types of cakes. One of them is UMKM Susi Cake and Crispy which produces cakes and chips that are fresh, healthy and of good quality but with a low presence. This is due to the limitations of Susi Cake and Crispy in carrying out promotional efforts, especially on visual products that are less attractive to consumers. The purpose of this design is to describe the concept of food photos and how the design process is. Using qualitative research methods, because it is based on the philosophy of postpositivism, which is used to examine the condition of natural objects. The stages in the food photography design process include identifying data to obtain primary and secondary data, then analyzing it to produce market segmentation, SWOT matrix, USP, targeting and positioning, forming creative strategies, followed by the design visualization execution process which includes thumbnail creation, tight issues, and final design. The next stage is the implementation stage where the design will be applied as a promotional media. The results of this design are the main media feeds Instagram, Instastory, special moment remarks which are then published on Susi Cake and Crispy's Instagram account.
Keywords: Photography, Food Photography, Promotion, Social Media