Tingkat Motivasi Dan Model Aktivitas Jasmani Siswa Dan Guru SMAN 2 Sumenep Di Masa Pandemi
Motivation Level And Physical Activity Models For Students And Teachers During Pandemic Period In Sman 2 Sumenep
ABSTRAK
Bhetharem, Ismail Marzuki. 2020. Tingkat Motivasi Dan Model Aktivitas Jasmani Siswa Dan Guru SMAN 2 Sumenep Dimasa Pandemi. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Made Sri Undi Mahardika, M.Pd., dan (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasyikal, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Model Aktivitas Jasmani, di masa pandemi.
Dalam pelaksanaan aktivitas pembelajaran yang pelaksanaanya secara daring akibat dari sebuah wabah pandemi, seorang guru PJOK harus memastikan kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah. Diharapkan guru dapat memberikan berbagai model aktivitas pembelajaran PJOK yang menarik dan menyenagkan dengan memaksimalkan media yang ada.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket yang dibagikan secara on-line melalui google form dengan jumlah sampel sebanyak 288 siswa SMAN 2 Sumenep yang terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dan model aktivitas jasmani siswa dan guru SMAN 2 Sumenep di masa pandemi.
Data hasil penelitian yang diperoleh bahwa tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dimasa pandemi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 143 (49,7%) siswa, sedangkan pada model aktivitas jasmani siswa dan guru SMAN 2 Sumenep dimasa pandemi dilakukan dengan melalui Applikasi gratis seperti google classroom, YouTube, Vidio Zoom, WhatsApp serta Telegram. Namun opsi jawaban paling banyak bahwa selama pandemi aktivitas jasmani sering dilakukan dengan mengerjakan latihan soal melalui google classroom yaitu dengan jumlah responden 150 (52,1%). Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang berskala ordinal yaitu tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dengan model aktivitas jasmani siswa dan guru SMAN 2 Sumenep di masa pandemi, maka dilakukan pengujian dengan menggunakan uji statistik Spearman Rank Correlation. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa N sebesar 288 siswa, kemudian nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dan diketahui correlation coefficient (koefisien korelasi) sebesar 0,214 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dengan model aktivitas jasmani siswa dan guru SMAN 2 Sumenep dimasa pandemi.
ABSTRACT
Bhetharem, Ismail Marzuki. 2020. Motivation Level And Physical Activity Models For Students And Teachers During Pandemic Period In Sman 2 Sumenep. Thesis. Study Program of Sport Education, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. I Made Sri Undi Mahardika, M.Pd., and (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasyikal, M.Pd.
Keyword: Motivation, Physical Activity, Pandemic Period.
The implementation of online learning activities during pandemic period, Physical Education (P.E) teachers must provides various fun learning of Physical Education by maximizing existing media.
This thesis discusses motivation level and physical activity for students and teachers during pandemic period in SMAN 2 Sumenep. This study aims to view the motivation level of the students in following various learning models of Physical Education and the various learning models of Physical Education during pandemic. Quantitative descriptive with survey method is applied. Google Forms had been shared to 288 students consist of grade X, XI, and XII.
The result study shows that their motivation level is in the medium category, as specifically 143 students (49,7 %). Meanwhile, the physical activity models for students and teachers has been taught through free online applications such as Google Class Room, YouTube, Vidio Zoom, WhatsApp and Telegram. The next result shows that Google Class Room is the most options with 150 respondents (52,1 %). Furthermore, this study uses the Spearman Rank Correlation to determine the connection between the motivation level of the students and the various learning models of physical activity during pandemic. Based on the result analysis, it is noted that (N) 288 students, then the sig (2-tailed) is 0,000 and the correlation coefficient is 0,214. Finally, the writer concludes that there is a weak interaction between the student level motivation and the teacher implementation on online Physical Education.