Abstrak
Pembelajaran bahasa Mandarin di SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo menjadi hal yang monoton hanya befokus pada guru yang menjelaskan isi apa yang ada pada buku ajar dan siswa fokus mendengarkan penjelasan dari guru. Hal tersebut membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran menyimak. Oleh sebab itu, metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) diharapkan mengatasi kesulitan pada siswa. Masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran meyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin pada siswa kelas X IPA 1 HANG TUAH 2 Sidoarjo?, 2) bagaimana keefektifan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin pada siswa kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo?, 3) bagaimana respon siswa kelas X IPA 1 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo terhadap penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menyimak pemahaman dialog berbahasa Mandarin?.
Kata Kunci: Keefektifan, Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray, Pemahaman Dialog
Abstract
Learning Chinese at HANG TUAH 2 High School in Sidoarjo is monotonous, only focusing on the teacher who explains what is in the textbook and the students focus on listening to the teacher's explanation. This makes students less active in learning, especially in listening skills. Therefore, the learning methods of Two Stay Two Stray (TS-TS) are expected to overcome difficulties in students. Problems in this study include: 1) How the application of the Two Stay Two Stray learning method to the skills of understanding Chinese dialogue in class X IPA 1 HANG TUAH 2 Sidoarjo ?, 2) What is the effectiveness of the Two Stay Two Stray learning method for listening comprehension skills in Chinese in class X IPA 1 in SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo?
Keywords: Effectiveness, Two Stay Two Stray Learning Method, Understanding Dialogue