PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BANK DAN SISTEM PEMBAYARAN BERBASIS ANDROID
Abstrak
Penelitian pengembangan ini dilakukan karena kurangnya pemahaman materi pada peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan kelayakan, respon peserta didik dan pemahaman peserta didik dalam penerapan media pembelajaran E-Modul berbasis android. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian kelas X IPS untuk menguji media pembelajaran e-modul berbasis android. Berdasarkan Hasil penelitian pengembangan media dinyatakan sangat layak diperoleh tingkat kelayakan dari validasi materi 92,9%, validasi media 90,6%, dan validasi evaluasi memperoleh hasil sebesar 87,3%. Respon peserta didik diperoleh hasil 95,9% sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat layak digunakan.Pemahaman peserta didik dihitung menggunakan uji gain score dengan hasil 0.57 sehingga dapat dinyatakan pemahaman peserta didik meningkat, analisis uji normalitas mempreroleh hasil α>0.05 bahwa seluruh data pretest dan posstest terdistribusi normal, dan uji t dengan nilai signifikansi α<0.05 sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran E-Modul berbasis android efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-module berbasis android sangat layak digunakan dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Pengembangan media pembelajaran ini masih perlu adanya perbaikan sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperbanyak cakupan materi dan dapat mengembangkan ke dalam sistem operasi lain sehingga dapat digunakan peserta didik dengan cakupan yang lebih luas.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, E-Modul
Abstract
This research development was carried out due to the lack of understanding of the material in students on economic subjects. The purpose of this development research is to describe the feasibility, student responses and student understanding in the application of the Android-based E-Module learning media. This study uses research and development (R&D) with the ADDIE model. The research design used is the One Group Pretest-Posttest Design with the subject of class X IPS research to test the e-module learning media based on android. Based on the results of the research on media development, it is stated that it is very feasible to obtain a level of eligibility from 92.9% material validation, 90.6% media validation, and evaluation validation obtained 87.3% results. Student responses obtained 95.9% results so that learning media are declared very feasible to use. Students' understanding is calculated using a gain score test with a result of 0.57 so that students can increase their understanding, normality test analysis results α> 0.05 that all pretest and posstest data normally distributed, and t test with a significance value α <0.05 so that it can be concluded that the Android-based E-Module learning media is effective for increasing students' understanding. This shows that the e-module learning media based on android is very feasible to be used in economic subjects to increase student understanding. The development of this learning media still needs improvement so that further research is expected to increase the scope of the material and be able to develop it into other operating systems so that students can use it with a wider scope.
Keywords: Development, Learning Media, E-Modules