The Influence Of Social Media Marketing, Sales Promotion And Cafe Atmosphere On Purchase Decision Diorama Cafe
Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat terutama dalam industri food and baverage di Indonesia khususnya di Gresik, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian menjadi krusial. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Social Media Marketing, Sales Promotion Dan Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Diorama Cafe Gresik” ini bertujuan untuk menyajikan suatu gambaran holistik mengenai peran social media marketing, sales promotion dan cafe atmosphere dalam membentuk preferensi pembelian di sektor cafe di Gresik. Menggunakan metode analisis linear berganda, penelitian ini merinci temuan yang dihasilkan dari data yang dikumpulkan secara cermat dari 220 responden yang dipilih berdasarkan kebutuhan penelitian. Hasil analisis memberikan pencerahan signifikan mengenai peran dominan social media marketing dan sales promotion dalam membentuk perilaku pembelian konsumen di sektor cafe Diorama Cafe di Gresik. Walaupun sales promotion tetap menjadi pertimbangan krusial, temuan menarik menunjukkan hasil yang sebaliknya (dalam konteks ini tidak memperlihatkan statistik yang signifikan). Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menggali kedalaman dalam konteks perilaku konsumen di industri cafe, namun juga memberikan wawasan praktis bagi pelaku industri cafe yang ingin meningkatkan strategi pemasaran mereka. Kesimpulan dan rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan berharga bagi siapapun yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut maupun pelaku usaha dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan serta preferensi konsumen.
In an era of increasingly tight business competition, especially in the food and baverage industry in Indonesia, especially in Gresik, a deep understanding of factors that influence purchase decisions is crucial. This study, entitled " The Influence Of Social Media Marketing, Sales Promotion And Cafe Atmosphere On Purchase Decision Diorama Cafe Gresik " aims to present a holistic picture of the role of social media marketing, promotion and social atmosphere in forming preferences in the cafe sector in Gresik. Using the multiplication analysis method, this study details the findings generated from data collected out of 220 respondents selected based on research needs. The results of the analysis provided significant enlightenment regarding the dominant role of social media marketing and sales promotions in forming consumer purchasing behavior in the Diya Cafe sector in Gresik. Although sales promotions remain a crucial consideration, attractive findings suggest the opposite results (in this context do not show significant statistics). Thus, this study not only examines the depth in the context of consumer behavior in the cafe industry, but also provides practical insight for the cafe industry players who want to improve their marketing strategy. The conclusions and recommendations produced from this research are expected to be a valuable guide for anyone who wants to do further research and business actors in compiling a more effective and responsive marketing strategy on consumer needs and preferences.