HUBUNGAN KOMPETENSI DENGAN KINERJA PAMONG BELAJAR PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SKB GRESIK
RELATIONSHIP BETWEEN COMPETENCE AND THE PERFORMANCE OF TUTOR IN EQUIVALENCY EDUCATION PROGRAM OF PACKAGE B AT SKB GRESIK
Kualitas pendidikan non formal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kinerja pamong belajar selaku tenaga pendidik. Kinerja pamong belajar sendiri dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki pamong belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kompetensi dengan kinerja pamong belajar pada program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Gresik. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total karena terbatasnya populasi yang kurang dari 30. Dua variabel yang digunakan dalam peneitian ini adalah kompetensi pamong belajar sebagai variabel independen, dan variabel kinerja sebagai variabel dependen. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian korelasional. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket. Instrument penelitian menggunakan pengukuran penilaian dengan skala likert. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji angket penelitian. Uji normalitas dan uji korelasi rank spearman digunakan untuk menganalisis data penelitian. Setelah pengolahan data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS (pengolah data statistik), diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,678 dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Dari hasil tersebut mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel kompetensi yang dimiliki pamong belajar dengan kinerja pamong belajar pada program pendidikan kesetaraan paket B di SKB Gresik.
The quality of non-formal education is influenced by several factors, one of them is the performance of tutor as educators. The tutor’s performance is influenced by the tutor’s competence. The purpose of the research is to find out whether there is a relationship between competence and the performance of tutor in Equivalency Education Program of Package B at SKB Gresik. The sampling method in this study used a total sample technique due to the limited of population which less than 30. The two variables used in this assessment are the competence of learning as an independent variable, and the performance variable as a dependent variable. Quantitative approaches are used in this research with this type of correlational research. For data collection techniques in this study using questionnaire techniques. Research instruments use assessment measurements on a likert scale. Analysis prerequisite testing uses validity tests and reliability tests to test research questionnaires. Normality tests and spearman rank correlation tests are used to analyze research data. After data processing using the help of SPSS software (statistical data processing), it’s known that correlation coefficient value is 0.678 and a significance value (2-tailed) is 0.000. From the results, it indicates that there is a strong relationship between the competency variables owned by tutors and the variables of tutor performance in Equivalency Education Program of Package B at SKB Gresik.