ABSTRAK
Penelitian ini membahas
tentang “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tamaire Terhadap Kemampuan Menyimak Secara Aktif Bab Watashi no Kazoku Siswa Kelas X Mipa 5
SMAN 1 Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019”.
Penelitian ini menggunakan media pembelajaran Tamaire (Permainan melempar bola) dengan
tujuann agar siswa selama proses belajar mengajar tidak merasa jenuh terhadap
penyampaian materi yang diberikan. Dengan maksud untuk lebih menekankan
keterampilan menyimak secara aktif.
Sumber data adalah buku Nihongo Sakura Jilid 1, siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Mojokerto yang
berjumlah 28 siswa. Data yang digunakan adalah pengaruh media pembelajaran Tamaire , hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test , dan angket respon siswa.
Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan metode True Experiment Design . Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Mojokerto dengan subjek penelitian
kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas
eksperimen.
Berdasarkan hasil uji Mann Whitney (Non Parametrik) pada kelas
kontrol dan kelas eksperimen dengan taraf signifikansi 95% (0,05), mendapat
nilai asymp. sig. sebesar 0,000. Maka
diperoleh 0,000<0,05 dimana dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada media
pembelajaran Tama Ire terhadap
keterampilan menyimak bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Mojokerto tahun
ajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil analisis data angket respon
siswa terhadap media pembelajaran Tamaire pada keterampilan menyimak Bahasa Jepang dihasilkan persentase
total sebanyak 85,07% sehingga tergolong pada kriteria sangat kuat. Sebanyak
89,28% siswa mengatakan bahwa media pembelajaran Tamaire dapat menghilangkan rasa bosan saat
pembelajaran menyimak Bahasa Jepang.
Setelah dilakukan penelitian ini diharapkan guru
dapat menggunakan media pembelajaran Tamaire untuk diterapkan pada pokok bahasan lain yang berhubungan dengan
keterampilan menyimak
Kata Kunci : Media Pembelajaran Tamaire, Keterampilan Menyimak Bahasa
Jepang, Penelitian Kuantitatif, True
Experiment Design.