Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Gaya Belajar
Critical Thinking Profile in Solving PISA Questions in Terms of Learning Styles
Berpikir kritis merupakan pemikiran rasional introspektif yang ditekankan untuk menetapkan hal-hal yang patut diyakini dan dilaksanakan. Profil berpikir kritis siswa belum sepenuhnya terealisasi dengan baik di sekolah. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah gaya belajar. Terdapat tiga kelompok yang membedakan gaya belajar adalah gaya belajar visual, auditorial, serta kinestetik. Sehingga dimungkinkan terdapat perbedaan profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gaya belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan profil berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, kinestetik. Instrumen utamanya merupakan peneliti, sementara instrumen yang mendukung meliputi angket untuk mengategorikan siswa sesuai gaya belajarnya, tes untuk mengukur profil berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dimulai dengan memberikan angket dan memilih satu siswa dari tiap kelompok sebagai subjek. Subjek terpilih diberi tes yang diadaptasi dari soal PISA dan diwawancarai. Data dianalisis menggunakan indikator berpikir kritis antara lain klarifikasi, asesmen, strategi dan penyimpulan. Hasil penelitian mengungkap adanya perbedaan profil berpikir kritis oleh masing-masing subjek. Hal tersebut menjelaskan, 1) Siswa dengan gaya belajar visual dapat memenuhi semua aktivitas siswa pada indikator berpikir kritis, meliputi klarifikasi, asesmen, strategi, penyimpulan. 2) Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat memenuhi semua aktivitas siswa pada dua indikator berpikir kritis, meliputi klarifikasi, asesmen, sebagian aktivitas siswa pada indikator strategi, dan tidak memenuhi indikator penyimpulan. 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memenuhi semua aktivitas siswa pada tiga indikator berpikir kritis, meliputi klarifikasi, asesmen, penyimpulan, dan sebagian aktivitas siswa pada indikator strategi
Critical thinking is introspective rational thinking that is focused on determining things that are worth believing in and implementing. The students' critical thinking profiles have not been fully realized in school. One of the factors that influence it is learning style. There are three groups that differentiate learning styles, namely visual, auditory, and kinesthetic learning styles. So it is possible that there are differences in students' critical thinking profiles in solving PISA questions in terms of learning styles.
This research is a qualitative descriptive study. The purpose of this research is to reveal the profile of senior high school students' critical thinking in solving PISA questions in terms of visual, auditory, and kinesthetic learning styles. The main instrument is the researcher, while the supporting instruments include questionnaire to categorize students according to their learning style, test to measure critical thinking profiles, and interview guide. This research began by giving a questionnaire and selecting one student from each group as a subject. Selected subjects were given a test adapted from PISA questions and interviewed. Data were analyzed using indicators of critical thinking including clarification, assessment, strategy and inference. The results of the research revealed that there were differences in the critical thinking profile of each subject. This explains, 1) Students with a visual learning style can fulfill all student activities on the indicators of critical thinking, namely clarification, assesment, strategy, inference. 2) Students with a auditory learning style can fulfill all student activities on the two indicators of critical thinking, namely clarification, assesment, some of student activities on strategy indicator, and do not fulfill inference strategy. 3) Students with a kinesthetic learning style can fulfill all student activities on the three indicators of critical thinking, namely clarification, assesment, inference, and some of student activities on strategy indicator.