ABSTRAK
Pembelajaran
Fisika dengan Model PBL Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir
Kritis Peserta Didik SMA
Nama
|
:
|
Firdausi
Nuzula
|
NIM
|
:
|
19030184070
|
Program
Studi
|
:
|
S-1 Pendidikan
Fisika
|
Jurusan
|
:
|
Fisika
|
Fakultas
|
:
|
Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Nama
Lembaga
|
:
|
Universitas
Negeri Surabaya
|
Pembimbing
|
:
|
Prof.
Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.
|
Kehidupan
di era abad-21 menuntut seseorang untuk mampu menguasai keterampilan 4C (colaboration,
communication, critical thinking, and creativity) dan menuntun sumber daya
manusia yang mampu bersaing secara global yang akan dilatih melalui
pembelajaran fisika dengan model pembelajaran PBL (problem bassed learning)
berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics),
sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran
fisika dengan model PBL berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir
kritis peserta didik SMA, mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan
berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran PBL
berbasis STEM, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan
model pembelajaran PBL berbasis STEM. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental
dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Subjek
penelitian yaitu kelas X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1
Taman dengan jumlah keseluruhan sebanyak 72 peserta didik. Instrumen penelitian
yang digunakan meliputi lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar
soal pre-test and post-test, dan angket respon peserta didik. Teknik
analisis data yang digunakan diantaranya yaitu uji-t berpasangan, perhitungan n-gain,
dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran
PBL berbasis STEM terlaksana dengan sangat baik; (2) penerapan model PBL
berbasis STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis secara signifikan
pada α = 0,05, dengan rerata n-gain berkategori tinggi, dan konsisten pada ketiga kelas; (3) respon
peserta didik terhadap pembelajaran PBL berbasis STEM berkategori sangat baik
Kata Kunci : PBL berbasis STEM, Keterampilan Berpikir
Kritis, Pembelajaran Fisika