Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan minat baca siswa terhadap pembelajaran IPA dengan bantuan media komik pada materi getaran pada kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design, dengan rancangan penelitian yaitu hanya menggunakan satu kelas eksperimen. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-A SMP KARTIKA IV-I Surabaya yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai modus 4 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan uji gain score pada siswa sebesar 0.7 dan rata-rata tiap indikator mendapatkan kriteria tinggi. Sedangkan untuk minat baca siswa mendapatkan hasil dengan kategori cukup pada setiap indikator, dengan siswa yang minat baca baik hanya 15%, minat baca kurang 30% dan minat baca cukup 55%.
The research aimed to describe the feasibility of learning, learning outcomes, and students' reading interest in science learning with the help of comic media on vibration material in class VIII SMP. This research is a Pre-Experimental Design study with One Group Pretest-Posttest Design, with a research design that uses only one experimental class. The research sample is class VIII-A students of Surabaya IV-I KARTIKA IV randomly selected. The results of this study are that the implementation of learning gets the value of mode 4 with a very good category. While student learning outcomes have increased based on student gain score test at 0.7 and on average each indicator gets high criteria. Whereas for reading interest students get results with enough categories on each indicator, with students who have good reading interest only 15%, less reading interest of 30% and sufficient reading interest of 55%.