Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Labschool Rawamangun Jakarta
The Influence Of Implementation Of The Independent Curriculum On Students Learning Motivation At Junior High School Labschool Rawamangun Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa di SMP Labschool Rawamangun Jakarta. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan teori kontruktivisme oleh grand theory David H. Jonassen, serta teori self-determination dari Richard M.Ryan dan Edward L. Deci. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linear sederhana. Data yang didapatkan melalui hasil angket kuisioner menggunakan skala likert yang respondennya merupakan 253 siswa SMP Labschool Rawamangun Jakarta. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel implementasi kurikulum merdeka (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) SMP Labschool Rawamangun Jakarta yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 Hal ini dapat dimaknai bahwa implementasi kurikulum merdeka memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Jika Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan baik maka akan mempengaruhi motivasi belajar siswa.
This research aims to examine the effect of implementing the independent curriculum on student learning motivation at Labschool Rawamangun Jakarta Junior High School. The problems examined in this research relate to the implementation of an independent curriculum in project-based learning using constructivism theory by David H. Jonassen's grand theory, as well as the self-determination theory of Richard M.Ryan and Edward L. Deci. The research method used is quantitative with a simple linear regression analysis approach. Data obtained through the results of a questionnaire using a Likert scale where the respondents were 253 students at Labschool Rawamangun Middle School, Jakarta. The results of this research show that there is a positive influence between the independent curriculum implementation variable (X) on student learning motivation (Y) at Junior High School Labschool Rawamangun Jakarta as evidenced by a significance value of 0.000 < 0.05. This can be interpreted as meaning that the implementation of the independent curriculum has an influence on student learning motivation. If the implementation of the independent curriculum in project-based learning is carried out well, it will affect student learning motivation.