Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media lagu anak terhadap kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin siswa kelas V SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo. Salah satu media yang dapat diterapkan pada pembelajaran ini adalah media lagu anak. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) Penggunaan media lagu anak dalam pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin th.ajaran 2018/2019, (2) Efektivitas penggunaan media lagu anak dalam pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin th.ajaran 2018/2019, (3) Respon siswa terhadap penggunaan media lagu anak dalam pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin th.ajaran 2018/2019
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimen true eksperiment design. Populasi pada penelitian ini menggunakan peserta didik kelas V SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo serta menggunakan sampel kelas V-B (21 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan V-C (21 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Teknik observasi guru dan siswa digunakan untuk memperoleh data kuatitatif tentang aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa mandarin menggunakan media lagu anak, pre-test dan post-test digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin mnenggunakan media lagu anak, sedangkan teknik angket siswa digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang respon siswa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin menggunakan media lagu anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing 84,7% ; 94,6% ; aktivitas siswa masing-masing 83,3% ; 91,6%. Nilai rata-rata kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin pada pertemuan pertama sebelum menggunakan media lagu anak 63,33 dan setelah menggunakan media lagu anak struktur nilai rata-rata meningkat 80,24 , sedang nilai KKM yaitu 75. Kemudian angket respons siswa terhadap penggunaan media lagu anak pada pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin berjumlah 8 butir angket, 5 butir soal berada pada rentang persentase 61% -80% masuk pada kategori baik, sedangkan 3 butir soal berada pada rentang 81%-100%, hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media lagu anak mendapatkan tanggapan yang baik dari peserta didik dan mampu diterapkan untuk pembelajaran menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin.
This study discusses the effectiveness of the use of children's song media on the ability to write simple essays in Mandarin grade V students of SD Jaya Jaya 2 Sidoarjo. One of the media that can be applied to this learning is children's song media. The purpose of this study was to obtain a description of (1) The use of children's song media in learning to write simple essays in Mandarin 2018/2019, (2) The effectiveness of using children's song media in learning to write simple essays in Mandarin 2018 / 2019, (3) Students' responses to the use of children's song media in learning to write simple essays in Chinese in 2018/2019
This research is a quantitative study using true experimental design design. The population in this study used grade V students at SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo and used a sample class V-B (21 students) as an experimental class and V-C (21 students) as a control class. Teacher and student observation techniques are used to obtain quantitative data about the activities of teachers and students in learning to write simple essays in Mandarin using children's song media, pre-test and post-test are used to obtain quantitative data about the ability to write simple essays in Mandarin using media children's songs, while the student questionnaire technique is used to obtain quantitative data about students' responses in learning to write simple essays in Mandarin using children's song media.
The results of this study indicate that the experimental class teacher activities at the first and second meetings respectively 84.7%; 94.6%; student activity each 83.3%; 91.6%. The average value of the ability to write simple essays in Mandarin at the first meeting before using the media of children's songs 63.33 and after using the media of children's songs the structure of the average value increased to 80.24, while the KKM value was 75. Then the questionnaire students' responses to the use the media of children's songs in learning to write simple essays in Mandarin amounted to 8 questionnaires, 5 items were in the range of percentage 61% -80% included in the good category, while 3 items were in the range of 81% -100%, this proves that the application of children's song media get good responses from students and is able to be applied to learning to write simple essays in Mandarin.