KORELASI NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PERILAKU NYATA SISWA DI SEKOLAH
CORRELATION OF CHARACTER VALUES IN PHYSICAL EDUCATION WITH STUDENTS REAL BEHAVIOR AT SCHOOL
Karakter diartikan sebagai cara berpikir dan perilaku setiap individu yang kemudian diimplementasikan kedalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui Korelasi dan seberapa besar kontribusi Nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dengan Perilaku Nyata Siswa Kelas VIII Di SMP Dr. Soetomo Surabaya. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Dr. Soetomo Surabaya, dengan mengambil sampel sebanyak 30 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisoner dan penilaian sikap dari Guru Pendidikan Jasmani dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan sig. .019 < 0.05 diartikan bahwa Korelasi Nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dengan Perilaku Nyata Siswa di Sekolah memiliki hubungan yang siginifikan atau berkorelasi. Sedangkan untuk interpretasi koefisien sebesar sebesar .424. Jika hasil tersebut dikaitkan dengan tabel interpretasi koefisien maka memiliki arti tingkat kekuatan korelasi atau hubungan adalah hubungan yang cukup, angka koefisien korelasi bernilai positif.
Kata Kunci : Nilai Karakter, Pendidikan Jasmani, Perilaku Siswa.
Character is defined as the way of thinking and behavior of each individual which is then implemented into the life of society, nation and state. The aim of this research is to find out the correlation and how big the contribution of Character Values in Physical Education is to the Real Behavior of Class VIII Students at SMP Dr. Soetomo Surabaya. The population in this research were all class VIII students at SMP Dr. Soetomo Surabaya, by taking a sample of 30 students using simple random sampling techniques. Data collection was carried out by distributing questionnaires and assessing attitudes from Physical Education Teachers and analyzed using SPSS. The analysis results show sig. .019 < 0.05 means that the correlation between character values in physical education and students' actual behavior at school has a significant or correlated relationship. Meanwhile, the coefficient interpretation is .424. If these results are linked to the coefficient interpretation table, it means that the level of strength of correlation or relationship is a sufficient relationship, the correlation coefficient number is positive.
Keywords: Character Values, Physical education, Student Behavior.