Efektivitas Permainan Sirkuit Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
The Effectiveness of Circuit Games on Gross Motor Development of Children aged 5-6 Years
Motorik kasar pada anak usia dini merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak tersebut. Tidak sedikit anak usia dini mengalami keterbatasan dalam melakukan kegiatan motorik kasar untuk mengembangkan kemampuannya. Kegiatan permainan sirkuit ini adalah sebuah alternatif untuk anak bisa meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan sirkuit terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes kepada anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitaif. Eksperimen akan dilakukan kepada anak yang berusia 5-6 tahun. Hasil uji efektifitas menggunakan uji Mann-Whitney dan menunjukkan adanya peredaan hasil skor kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol serta memperoleh nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 untuk kelompok eksperimen dan 0,004 < 0,05 untuk kelompok kontrol. Hasil permainan sirkuit anak akan merasa lebih berani menunjukkan kemampuan pada saat melakukan permainan tersebut dan merasa senang untuk melakukannya secara berulang-ulang. Implikasi penelitian ini dapat menjadi metode pembelajaran yang baru guna menunjang perkembangan motorik kasar anak. Sehingga kemampuan motorik anak dapat berkembang sesuai dengan anak usia 5-6 tahun dan dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit memiliki pengaruh yang signifikan.
Gross motor skills in early childhood is one aspect of development that is very influential on the process of growth and development of the child. Not a few early childhood experience limitations in carrying out gross motor activities to develop their abilities. This circuit game activity is an alternative for children to improve aspects of gross motor development. This experimental study aims to determine the effectiveness of circuit games on gross motor development in early childhood. This research uses a Quasi Experimental Design type of research. Data collection techniques using observation sheets and tests to children. The data analysis technique in this research is quantitative data. Experiments will be carried out on children aged 5-6 years. The results of the effectiveness test used the Mann-Whitney test and showed a reduction in the experimental group scores with the control group and obtained an Asymp.sig (2-tailed) value of 0.002 < 0.05 for the experimental group and 0.004 < 0.05 for the control group. The results of circuit games, children will feel more daring to show their abilities when playing the game and feel happy to do it repeatedly. The implications of this research can be a new learning method to support children's gross motor development. So that children's motor skills can develop according to children aged 5-6 years and it can be concluded that circuit games have a significant influence.