ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA
MODUL ELEKTRONIK UNTUK
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATA
PELAJARAN IPA MATERI GELOMBANG PADA SISWA
KELAS VIII SMPN 2
DAWARBLANDONG MOJOKERTO
Nama : Sembodo Dwi Cahyo
NIM :
120100240 42
Program
Studi :
S-1
Jurusan
:
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas
: Ilmu
Pendidikan
Nama
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Drs. Lamijan Hadi
Susarno, M.Pd
Berdasarkan
hasil observasi di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto ditemukannya masalah belajar siswa yaitu rendahnya hasil
belajar siswa pada ma ta pel ajaran IPA pokok bahasan m ateri g elombang serta keterbatasan buku
pelajaran yang tidak dapat menjelaskan secara rinci terkait dengan rumus yang
digunakan dan contoh ilustrasi yang kurang menarik untuk menunjang m ateri g elombang tersebut. Hal tersebut
dibuktikan melalui hasil nilai siswa dengan rata rata kurang 75, yaitu nilai
standar minimal yang ditetapkan di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto, berdasarkan
permasalahan tersebut maka diperlukan pengembangan media modul elektronik pada
materi gelombang. Media modul elektronik merupakan media pembelajaran efektif
untuk menjelaskan ilmu pengtahuan alam yang memiliki karakteristik gerak dan
suara untuk membantu siswa dalam belajar.
Spesifikasi
produk yang dihasilkan yaitu berupa modul elektronik m ateri g elombang. Jenis penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian Research
and Development dengan Model pengembangan yang
digunakan adalah model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation dimana tahapan dalam penelitian ini
diawali dengan pengumpulan informasi, menganalisis kebutuhan, merancang,
mengembangkan atau membuat media pembelajaran modul
elektronik ,
setelah itu diterapkan dan dilakukan tes hasil belajar siswa.
Pengujian
produk dilakukan di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto pada siswa kelas VIII, data-data
penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrume n observasi , angket untuk kelayakan
produk dan tes untuk
mengetahui ke efektifan produk . Berdasarkan hasil analisis data, hasil
uji kelayakan media modul elektronik pada ahli materi I didapatkan katagori
sangat baik. Ahli media I didapatkan hasil yang baik. Untuk hasil
Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kat e gori sangat baik dimana hasil yang
didapat masuk dalam prosentase antara 100% ( sangat baik ) . Dapat disimpulkan bahwa media modul
elektronik pada
mata pelajaran IPA dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses
pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media modul , pengembang menggunakan uji-t dengan db
= (Nx+Ny-2) = 27+27-2 = 52 dan taraf signifikan 5%. Maka nilai ttabel = 2,00665dan thitung
adalah 3,17 . Jadi, t hitung > ttabel ( 3,17 >
2,00665 ),
sehingga terjadi perbedaan signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test. Maka
media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIII di SMPN
2 Dawarblandong Mojokerto pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Materi g elombang.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul Elektronik , IPA, Gelombang