PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED
LEARNING TERHADAP HASIL PRAKTIK NAIL ART SMK
NEGERI 3 KEDIRI
APPLICATION OF THE PROJECT BASED LEARNING MODEL LEARNING ON VACATIONAL NAIL ART PRACTICE RESULTS NEGERI 3 KEDIRI
ABSTRAK
Berdasarkan observasi awal penulis di SMKN 3 Kediri,
penggunaan media power point dan teknik ceramah dalam
mengajarkan dasar-dasar seni kuku menyebabkan menurunnya
partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk memotivasi
siswa belajar dengan model pembelajaran Project Based Learning
(PjBL), sebaiknya guru membekali siswa dengan model yang
dapat menggugah minat belajar, khususnya diskusi kelompok
berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal
sebagai berikut: (1) Sintaks model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL); (2) Hasil pengetahuan nail art siswa (3) Reaksi
siswa SMKN 3 Kediri setelah penggunaan paradigma
pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Desain pra-
eksperimental adalah metodologi yang digunakan peneliti dalam
penelitian ini. Desain penelitian ini adalah studi kasus satu kali
(one-shot case study), dan tujuan studi kasus satu kali ini adalah
untuk menunjukkan nilai ilmiah dan kekuatan pengukuran suatu
desain penelitian. Subyek penelitian adalah dua puluh dua siswi
kelas XI jurusan Perawatan Kecantikan 1 SMKN 3 Kediri.
Penilaian keterampilan, survei, dan observasi adalah
metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Persentase,
uji-t satu sampel, dan rumus rata-rata digunakan dalam analisis
data. (1) Penerapan sintaks model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) memperoleh skor rata-rata 3,66 dengan kategori
sangat baik menurut hasil penelitian. 2) Hasil tes keterampilan
menunjukkan kemampuan nail art siswa, dengan rata-rata skor
84,05 berada pada kategori sangat baik. menunjukkan bahwa 22
siswa berhasil. Artinya 100% siswa lulus. Uji one sample t-test
menghasilkan thitung = 5,691 > ttabel = 1,721 yang menunjukkan
bahwa siswa dapat lebih mahir dalam keterampilannya dengan
menggunakan paradigma pembelajaran Project Based Learning
(PjBL). desain kuku. 3) Kategori metode pembelajaran sangat baik
mempunyai rata-rata persentase jawaban siswa sebesar 90,91%
secara keseluruhan. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat
dikatakan siswa SMK Negeri 3 Kediri dapat memperoleh manfaat
dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning
xv
(PjBL). Dengan menggunakan model PjBL, siswa didorong untuk
berpartisipasi dalam pembelajaran dan memunculkan ide-ide
baru.
Kata Kunci: Nail Art, Pembelajaran Berbasis Masalah
ABSTRACT
Based on the author's initial observations at SMKN 3 Kediri, the
use of power point media and lecture techniques in teaching the basics of
nail art caused a decrease in student participation in the learning process.
To motivate students to learn using the Project Based Learning (PjBL)
learning model, teachers should provide students with models that can
arouse interest in learning, especially project-based group discussions.
This research aims to find out the following things: (1) Syntax of the
Project Based Learning (PjBL) learning model; (2) Results of students'
nail art knowledge (3) Reactions of students at SMKN 3 Kediri after
using the Project Based Learning (PjBL) learning paradigm. Pre-
experimental design is the methodology used by researchers in this
research. The design of this research is a one-shot case study, and the
purpose of this one-shot case study is to show the scientific value and
measurement power of a research design. The research subjects were
twenty-two class XI female students majoring in Beauty Care 1 SMKN
3 Kediri.
Skills assessments, surveys, and observations are methods used to
collect data. Percentages, one-sample t-tests, and average formulas were
used in data analysis. (1) The application of the Project Based Learning
(PjBL) learning model syntax obtained an average score of 3.66 in the
very good category according to the research results. 2) The skills test
results show the students' nail art abilities, with an average score of 84.05
in the very good category. showed that 22 students were successful. This
means 100% of students passed. The one sample t-test produced tcount
= 5.691 > ttable = 1.721, which shows that students can be more
proficient in their skills by using the Project Based Learning (PjBL)
learning paradigm. nail design. 3) The very good learning method
category has an average percentage of student answers of 90.91% overall.
Based on these findings, it can be said that students at SMK Negeri 3
Kediri can benefit from implementing the Project Based Learning (PjBL)
learning model. By using the PjBL model, students are encouraged to
participate in learning and come up with new ideas.
Keywords: Nail Art, Problem Based Learning