Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan media Edmodo dan tanpa menggunakan media Edmodo pada kelas X di SMA Negeri 1 Mojosari Mojokerto
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen. bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode tes, dan metode dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019 hingga Mei 2019 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Uji t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perlakuan pada kelompok eksperimen yaitu menggunakan media pembelajaran Edmodo mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
This study aims to analyze whether there are differences in student learning outcomes between learning using Edmodo media and without using Edmodo media in class X in Public High School 1 Mojosari Mojokerto.
The approach in this study uses an experimental research approach. The design used in this study was Quasi Experimental Design. The study design uses Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used is Simple Random Sampling. Data collection techniques in this study used interview methodes, test methodes, and documentation methods. This research was conducted in April 2019 until May 2019 2018/2019 academic year. The study was conducted in class X IPS 1 as an experimental class and X IPS 2 as a control class. Testing the hypothesis in this study was carried out using the t test.
Based on the results of data analysis, the results of the study showed that there were differences in learning outcomes between the experimental class and the control class. So that it can be concluded that the treatment in the experimental group is using Edmodo learning media capable of improving student learning outcomes.