Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, serta keefektifan multimedia interaktif flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII. Penelitian ini mengacu pada model R&D (Research and Development) dengan model Sugiyono yang hanya dibatasi sampai pada 6 tahap, yaitu sampai pada uji coba produk secara terbatas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Sidoarjo tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa dan desain uji coba menggunakan One Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil validasi dan uji coba diperoleh bahwa: (1) Multimedia interaktif flash pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan persentase skor rata-rata sebesar 96,88% dengan kriteria sangat layak. (2) Multimedia interaktif flash pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase skor rata-rata sebesar 94% dengan kriteria sangat layak, aktivitas siswa oleh empat pengamat 99,2% siswa telah melakukan aktivitas kelas yang baik, dan respon positif siswa sebesar 97,22% dengan kriteria sangat layak. (3) Multimedia interaktif flash pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa N-Gain sebesar 0,65 dengan kriteria sedang dengan 92% siswa telah mencapai ketuntasan, sedangkan pada penilaian keterampilan pengamatan LKS 1 ketuntasan belajar sebesar 92%, penilaian keterampilan pengamatan LKS 2 siswa tuntas 100%, dan pada penilaian proyek semua siswa juga telah mencapai kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif flash pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan layak untuk digunakan.
Kata kunci : multimedia interaktif, flash, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.
This study aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of interactive flash multimedia to improve the learning outcomes of Grade VII Middle School students. This study refers to R&D (Research and Development) model with the Sugiyono model which is only limited to 6 stages, namely to limited product trials. The subjects of this study were Grade VII students of SMPN 6 Sidoarjo in the 2018/2019 academic year with a total of 25 students and a trial design using One Group Pretest and Posttest Design. Data collection techniques in this study used the method of validation, observation, tests, and questionnaires. Validation and trial results obtained that: (1) Interactive flash multimedia on the material interaction of living things with a valid environment based on the assessment of media experts and material experts with an average percentage score of 96.88% with very decent criteria. (2) Flash interactive multimedia on the material interaction of living things with practical environments based on the implementation of learning with an average percentage score of 94% with very decent criteria, student activity by four observers 99.2% of students have done good classroom activities, and responses positive students amounted to 97.22% with very decent criteria. (3) Flash interactive multimedia on living matter interaction with the effective environment based on an increase in N-Gain student learning outcomes of 0.65 with moderate criteria with 92% of students achieving mastery, while in the assessment of observational skills of LKS 1 mastery learning is 92%, assessment of student LKS 2 observation skills are 100% complete, and on the project assessment, all students have also reached completion criteria. Based on these results shows that interactive flash multimedia on the material interaction of living things with the environment is suitable for use.
Keywords: interactive multimedia, flash, Interaction of Living Beings with the Environment.