Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya media permainan Truth or Dare pada materi Sistem Ekskresi Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-eksperimental design menggunakan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Sasaran dalam penelitian ini adalah kelas VIII G dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi dan lembar observasi untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dan tes Pretest dan Posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi sebesar 71% pada pertemuan pertama dan sebesar 81% pada pertemuan ketiga serta dibuktikan dengan hasil observasi motivasi peserta didik yang diperoleh rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 83 % dan pertemuan ketiga sebesar 87%. Hasil belajar mengalami peningkatan signifikan yang ditunjukkan oleh rata-rata skor gain yang diperoleh peserta didik sebesar 0,8 tergolong kategori peningkatan yang tinggi dan ditunjukkan dengan nilai sign. hasil uji t berpasangan sebesar t<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan Truth or Dare dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Media permainan truth or dare, motivasi, hasil belajar
This research aims to know the increase in motivation and learning outcomes of students after the application of the Truth or Dare game media on the chapter of the Human Excretion System. This research was an experimental research with a pre-experimental design using a one-group pretest-posttest design. The population in this research were all eighth grade students and the sample in this research were 32 students in SMP Negeri 3 Sidoarjo. The instrument used in the form of a motivation questionnaire and observation sheet to know the increase in student motivation and Pretest-Posttest to know student learning outcomes. The results show that there were an increase in student motivation and learning outcomes. Increased motivation can be seen in the average results of the first motivation questionnaire that is equal to 71% and the results of the second questionnaire is 81% and proven by the results of observation of motivation of students who obtained an average of 83% in the first meeting 84% and the third meeting is 87%. Improved learning outcomes are shown of the average gain score obtained by students of 0.8 which is categorized as a high increase. Thus it can be concluded that the media game Truth or Dare can increase students' motivation and learning outcomes.
Keywords: Game media “Truth or Dare”, motivation, learning outcomes