Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung dan Sanitasi
Development of Interactive Video Learning Media Subject Construction Cost Estimation Building Construction and Sanitation Skills Competency
ABSTRAK
Rasmita Tri Andini. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Dan Sanitasi. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Agus Wiyono, S.Pd., M.T.)
Pembelajaran menggunakan video interaktif yaitu pembelajaran yang menggunakan media dimana media tersebut dapat menampilkan suara dan gambar seperti film suara dan video cassette. Pembelajaran menggunakan video interaktif berarti pembelajaran yang berlangsung didalam kelas berpatokan pada video yang ditayangkan dan penjelasan guru jika peserta didik kurang memahami maksud dari video. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pengembangan video interaktif.
Jenis penelitian pengembangan ini mengadopsi model ADDIE. Model ADDIE adalah salah satu proses pembelajaran yang bersifat interaktif dengan tahapan-tahapan dasar pembelajaran yang efektif, dinamis dan efesien Pribadi dengan menggunakan pendekata Pengembangan R&D. Sampel yang akan dijadikan bahan penelitian merupakan kelas siswa Konstruksi Gedung Sainitasi rombel 1 kelas XI SMK Negeri 5 Surabaya dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Tes dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test, pre-test digunakan dalam kelas eksperimen sedangkan post-test digunakan dalam kelas eksperimen dan pembanding.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Media Video Interaktif yang telah di uji kelayakan kepada ahli baik itu media maupun ahli materi menyatakan bahwa media video interaktif tersebut layak digunakan dalam pembelajaran terlebih pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Selain dari para ahli tersebut yang menilai, peneliti dapat menarik kesimpulan dari berbagai uji lainnya yaitu uji respon peserta didik dan juga uji pembeda dengan mengaplikasikannya pada satu kelas dan membandingkan kepada kelas lain. (2) Respon siswa terhadap Media Video Interaktif sangat beragam, tetapi dalam penelitian ini lebih dominan peserta didik memberikan respon bahwa video pembelajaran interaktif tersebut sangatlah menarik. (3) hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran interaktif pada kelas eksperimen menghasilkan data nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media video interaktif dibandingkan dengan kelas pembanding.
Kata Kunci : R&D, Video Pembelajaran Interaktif, Kelayakan, Hasil Belajar
ABSTRACT
Rasmita Tri Andini. Development of Interactive Video Learning Media Subject Construction Cost Estimation Competency Building Construction and Sanitation Skills. (Supervised by Prof. Dr. Agus Wiyono, S.Pd., M.T.)
Learning using interactive video is learning that uses media where the media can display sound and images such as sound films and video cassettes. Learning using interactive videos means that the learning that takes place in the classroom is based on the video shown and the teacher's explanation if students do not understand the meaning of the video. This research was conducted to determine student learning outcomes in developing interactive videos.
This type of development research adopts the ADDIE model. The ADDIE model is an interactive learning process with basic stages of effective, dynamic and efficient personal learning using the R&D Development approach. The samples that will be used as research material are students from the Science Building Construction class 1 class XI at SMK Negeri 5 Surabaya using data collection techniques in the form of documentation, observation, tests and questionnaires. The test in this study used a pre-test and post-test, the pre-test was used in the experimental class while the post-test was used in the experimental and comparison classes.
The results of this research show (1) Interactive Video Media which has been tested for feasibility by experts, both media and material experts, states that interactive video media is suitable for use in learning, especially in the subject of estimating construction costs. Apart from these experts assessing, researchers can draw conclusions from various other tests, namely student response tests and also differentiation tests by applying them to one class and comparing them to other classes. (2) Students' responses to interactive video media are very diverse, but in this research the students predominantly responded that the interactive learning videos were very interesting. (3) the results of research carried out by applying interactive learning media in the experimental class produced data with a sig value (2-tailed) 0.000 < 0.05 so it can be said that there is a significant difference between the experimental class which uses interactive video media compared to the comparison class.
Keywords: R&D, Intractive Learning Video, Feasibility, Learning Outcomes